10 Jenis Menu Makanan Hari Raya Idul Fitri 2023

waktu baca 3 menit
Sabtu, 15 Apr 2023 03:52 0 493 administrator

Assalamualaikum, Sobat Fauzan Tadrisul Ulum Hari Raya Idul Fitri merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia. Setelah sebulan penuh berpuasa, akhirnya tiba saatnya untuk merayakan kemenangan atas diri sendiri. Selain bersilaturahmi dengan sanak saudara, biasanya momen ini juga dirayakan dengan menghidangkan berbagai macam menu makanan yang lezat. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis menu makanan yang bisa Sobat Fauzan hidangkan di hari raya Idul Fitri 2023.

1. Ketupat

Ketupat merupakan makanan khas Indonesia yang biasanya dihidangkan saat momen Lebaran tiba. Makanan yang terbuat dari beras yang dibungkus daun kelapa ini memiliki cita rasa yang gurih dan cocok disajikan dengan opor ayam atau rendang.

2. Lontong Sayur

Lontong sayur juga merupakan menu khas Indonesia yang biasanya disajikan saat Lebaran. Terbuat dari beras yang diolah dengan cara direbus dan dibungkus daun pisang, lontong sayur cocok disantap bersama kuah santan yang kental dan berisi sayuran seperti labu siam, kangkung, dan tauge.

3. Sate

Sate merupakan makanan yang sangat populer di Indonesia. Biasanya sate terbuat dari daging ayam atau daging sapi yang dipanggang dengan bumbu kacang yang lezat. Sate dapat dihidangkan sebagai makanan pembuka atau sebagai hidangan utama.

4. Kue Lapis

Kue lapis merupakan salah satu jenis kue tradisional Indonesia yang sering dihidangkan saat momen Lebaran. Kue lapis terbuat dari tepung beras yang dipanggang lapis demi lapis dengan warna yang berbeda-beda. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan rasanya manis serta legit.

5. Es Campur

Es campur merupakan minuman segar yang cocok disajikan saat momen Lebaran. Minuman ini terdiri dari es serut yang dicampur dengan berbagai macam buah-buahan seperti nangka, kelapa muda, cincau, dan sirup gula merah. Es campur cocok disajikan sebagai penutup setelah menyantap hidangan utama.

6. Nasi Goreng

Nasi goreng merupakan hidangan yang biasanya dihidangkan saat momen Lebaran tiba. Nasi goreng terbuat dari nasi yang diolah dengan cara digoreng dengan bumbu yang lezat seperti kecap, saus tiram, dan bawang putih. Nasi goreng cocok dihidangkan bersama sate atau ayam goreng.

7. Ayam Goreng

Ayam goreng merupakan hidangan yang paling umum dihidangkan saat momen Lebaran. Ayam yang telah dibumbui dengan rempah-rempah khas Indonesia kemudian digoreng hingga kecoklatan dan garing. Hidangan ini cocok disajikan bersama nasi, sate, atau lontong sayur.

8. Kue Tart

Jika Sobat Fauzan ingin memberikan hidangan manis sebagai hadiah, kue tart bisa menjadi pilihan yang tepat. Kue tart terbuat dari lapisan kue yang dilapisi dengan krim atau buttercream dan dihias dengan berbagai macam buah-buahan atau cokelat.

9. Opor Ayam

Opor ayam merupakan hidangan khas Lebaran yang terbuat dari ayam yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah khas Indonesia seperti lengkuas, kunyit, dan ketumbar. Opor ayam biasanya disajikan dengan ketupat atau lontong sayur.

10. Rendang

Rendang merupakan hidangan khas Minangkabau yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah yang kaya akan rasa dan aroma. Hidangan ini cocok disajikan bersama nasi atau lontong sayur.

Kesimpulan

Itulah beberapa jenis menu makanan yang bisa Sobat Fauzan hidangkan saat momen Lebaran tiba. Selain menyajikan hidangan yang lezat, momen Lebaran juga merupakan waktu yang tepat untuk berbagi kebahagiaan dengan keluarga, kerabat, dan teman-teman. Semoga momen Lebaran tahun ini bisa menjadi momen yang penuh kebahagiaan dan kedamaian bagi kita semua.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

LAINNYA
x