Amalan Sunnah yang Dilakukan pada Hari Raya Idul Fitri 2023

waktu baca 3 menit
Jumat, 14 Apr 2023 08:00 0 137 administrator

Hello Sobat Fauzantadrisululum! Tidak terasa, sebentar lagi kita akan memasuki bulan yang penuh berkah, yaitu bulan suci Ramadhan. Dan setelah satu bulan penuh beribadah, kita akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 2023. Pada saat itu, selain bersilaturahmi dengan keluarga dan teman-teman, ada juga beberapa amalan sunnah yang sebaiknya kita lakukan. Apa saja itu? Mari kita bahas bersama-sama.

1. Menjaga Persaudaraan

Salah satu amalan sunnah yang perlu dilakukan pada Hari Raya Idul Fitri 2023 adalah menjaga persaudaraan. Kita harus saling memaafkan dan mengikhlaskan segala kesalahan yang pernah terjadi antara kita dengan keluarga, teman, atau siapapun. Dengan cara ini, hubungan kita akan semakin baik dan penuh keberkahan.

2. Memberikan Zakat Fitrah

Zakat Fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan setiap muslim pada Hari Raya Idul Fitri. Zakat ini berupa sejumlah bahan makanan yang diberikan kepada fakir miskin atau mustahik. Dengan memberikan Zakat Fitrah, kita juga turut membantu mereka yang membutuhkan.

3. Berpuasa Sunnah Hari Tasyriq

Hari Tasyriq adalah hari ketiga setelah Hari Raya Idul Fitri. Berpuasa sunnah pada hari tersebut merupakan amalan yang sangat dianjurkan. Dalam hadis, Rasulullah SAW bersabda bahwa orang yang berpuasa pada hari tersebut akan diampuni dosanya yang lalu.

Amalan Sunnah yang Dilakukan pada Hari Raya Idul Fitri 2023

4. Shalat Idul Fitri

Shalat Idul Fitri merupakan shalat sunnah yang dilakukan pada pagi Hari Raya Idul Fitri. Dalam shalat tersebut, umat muslim berkumpul bersama-sama untuk mengucapkan syukur atas segala nikmat yang diberikan Allah SWT. Selain itu, shalat ini juga menjadi sarana untuk mempererat silaturahmi antar muslim.

5. Mengenakan Pakaian Baru

Mengenakan pakaian baru pada Hari Raya Idul Fitri juga merupakan amalan sunnah yang dianjurkan. Dengan mengenakan pakaian baru, kita bisa merayakan Hari Raya dengan penuh semangat dan rasa kegembiraan.

6. Mengunjungi Makam

Mengunjungi makam pada Hari Raya Idul Fitri juga merupakan amalan yang dianjurkan. Dengan mengunjungi makam, kita bisa mengenang dan mendoakan keluarga atau sahabat yang sudah meninggal dunia. Selain itu, kita juga bisa memperbaiki hubungan kita dengan mereka yang masih hidup.

7. Berbuka Puasa dengan Makanan Manis

Terakhir, amalan sunnah yang dapat kita lakukan pada Hari Raya Idul Fitri 2023 adalah berbuka puasa dengan makanan manis. Hal ini juga disebut dengan “Makanan Idul Fitri”. Rasulullah SAW pernah mengkonsumsi kurma ketika berbuka pada Hari Raya Idul Fitri. Oleh karena itu, disarankan untuk berbuka puasa dengan makanan manis seperti kurma atau kue-kue manis.

Itulah 7 amalan sunnah yang perlu kita lakukan pada Hari Raya Idul Fitri 2023. Dengan melakukan amalan-amalan tersebut, kita akan semakin dekat dengan Allah SWT dan memperoleh berkah-Nya. Selain itu, kita juga akan merasakan kebahagiaan yang tiada tara saat merayakan Hari Raya bersama keluarga dan teman-teman.

Kesimpulan

Dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri 2023, selain bersilaturahmi dengan keluarga dan teman-teman, ada juga beberapa amalan sunnah yang perlu kita lakukan. Mulai dari menjaga persaudaraan, memberikan Zakat Fitrah, berpuasa sunnah Hari Tasyriq, shalat Idul Fitri, mengenakan pakaian baru, mengunjungi makam, hingga berbuka puasa dengan makanan manis. Semoga kita semua bisa melaksanakan amalan-amalan tersebut dan merayakan Hari Raya dengan penuh kebahagiaan. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

LAINNYA
x