Aktivitas Lebaran 2023 yang Belum Anda Ketahui

waktu baca 4 menit
Jumat, 14 Apr 2023 15:14 0 309 administrator

Hello Sobat fauzantadrisululum, selamat datang di artikel kami yang akan membahas tentang tradisi unik saat merayakan Idul Fitri 2023. Idul Fitri adalah momen yang dinanti-nanti oleh umat muslim di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Selain sebagai momen bermaaf-maafan dengan sesama, Idul Fitri juga identik dengan kegiatan-kegiatan yang menarik dan unik. Apa saja tradisi unik yang bisa Anda ketahui? Mari simak pembahasannya di bawah ini.

1. Takbir Keliling

Takbir Keliling adalah tradisi yang sudah menjadi bagian dari perayaan Idul Fitri di Indonesia sejak lama. Kegiatan ini biasanya dilakukan pada malam takbiran dan dilakukan dengan cara berkeliling desa atau kota sambil membaca takbir. Takbir Keliling ini menjadi momen yang sangat dinanti oleh masyarakat, terutama anak-anak yang senang berpartisipasi dalam kegiatan ini. Kegiatan Takbir Keliling ini juga menjadi ajang silaturahmi antarwarga di satu lingkungan.

2. Mudik

Mudik merupakan tradisi yang tidak bisa dipisahkan dari Idul Fitri di Indonesia. Mudik adalah kegiatan pulang kampung atau pulang ke kampung halaman untuk berkumpul dengan keluarga. Meskipun saat ini masih terdapat pandemi Covid-19, namun kegiatan mudik tetap dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Mudik menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat yang merantau agar bisa bertemu dengan keluarga.

3. Lebaran Ketupat

Lebaran Ketupat merupakan tradisi yang khas dan unik dari masyarakat Betawi. Kegiatan ini dilakukan pada hari kedua Idul Fitri dengan cara mengadakan perlombaan ketupat. Dalam perlombaan ini, peserta akan berlomba untuk memotong ketupat yang tergantung di atas pohon dengan cara menggunakan tombak. Kegiatan ini menjadi ajang hiburan bagi masyarakat Betawi dan menarik perhatian wisatawan.

4. Ziarah

ziarah di makam merupakan kegiatan yang dilakukan oleh umat muslim pada pagi hari Idul Fitri. Kegiatan ini dilakukan untuk mendoakan keluarga yang telah meninggal dunia dan sebagai bentuk syukur atas nikmat yang diberikan Allah. Kegiatan ziarah di makam juga menjadi momen untuk bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabat yang telah meninggal dunia.

Tradisi Unik saat Merayakan Idul Fitri 2023 yang Perlu Anda Ketahui

5. Bermaaf-maafan

Bermaaf-maafan adalah tradisi yang dilakukan oleh umat muslim pada hari raya Idul Fitri. Kegiatan ini dilakukan dengan cara meminta maaf kepada keluarga, sahabat, dan tetangga atas segala kesalahan yang telah dilakukan. Hal ini menjadi momen yang sangatpenting untuk meningkatkan hubungan antar sesama dan mempererat tali persaudaraan. Selain itu, tradisi bermaaf-maafan juga menjadi sarana untuk membersihkan hati dan memperbaiki diri ke arah yang lebih baik.

👉 TRENDING :   Inilah Alur Pendaftaran dan Persyaratan Beasiswa Pendidikan Indonesia 2023

6. Takjil dan Buka Puasa Bersama

Takjil dan buka puasa bersama menjadi tradisi yang selalu dilakukan oleh umat muslim selama bulan Ramadhan. Pada saat Idul Fitri tiba, tradisi ini tetap dilakukan sebagai momen untuk berkumpul dengan keluarga dan sesama dalam suasana yang meriah. Biasanya, masyarakat akan mempersiapkan berbagai macam hidangan khas sebagai takjil dan menu berbuka puasa bersama.

7. Halal Bihalal

Halal bihalal adalah kegiatan yang biasanya dilakukan beberapa hari setelah Idul Fitri. Kegiatan ini dilakukan sebagai ajang silaturahmi dan bermaaf-maafan antara keluarga, sahabat, dan tetangga. Halal bihalal juga menjadi momen untuk saling memaafkan atas segala kesalahan dan menjalin hubungan yang lebih baik dengan sesama.

8. Memberikan Sedekah

Memberikan sedekah adalah kegiatan yang dianjurkan dalam Islam, terutama pada momen Idul Fitri. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan Allah. Selain itu, memberikan sedekah juga menjadi sarana untuk membantu sesama yang membutuhkan dan meningkatkan pahala di sisi Allah.

9. Membagikan Kue Lebaran

Membagikan kue Lebaran menjadi tradisi yang selalu dilakukan pada saat Idul Fitri tiba. Kue Lebaran biasanya disajikan sebagai hidangan untuk tamu yang berkunjung ke rumah. Selain itu, membagikan kue Lebaran juga menjadi sarana untuk memberikan ucapan selamat Idul Fitri kepada keluarga, sahabat, dan tetangga.

10. Shalat Idul Fitri

Shalat Idul Fitri adalah kegiatan yang dilakukan oleh umat muslim pada pagi hari Idul Fitri. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang diberikan Allah dan sebagai ajang silaturahmi antarwarga. Biasanya, shalat Idul Fitri dilakukan di masjid atau lapangan yang telah disediakan oleh pemerintah atau masyarakat.

👉 TRENDING :   Cara Penentuan Golongan PPPK

Kesimpulan

Demikianlah artikel kami tentang tradisi unik saat merayakan Idul Fitri 2023. Terdapat banyak tradisi yang dilakukan pada momen ini, seperti Takbir Keliling, Mudik, Lebaran Ketupat, Sembahyang di Makam, Bermaaf-maafan, Takjil dan Buka Puasa Bersama, Halal Bihalal, Memberikan Sedekah, Membagikan Kue Lebaran, dan Shalat Idul Fitri. Setiap tradisi tersebut memiliki makna dan nilai yang sangat penting

LAINNYA