Cara Cek Bantuan PIP SD 2023 Lewat HP

waktu baca 3 menit
Sabtu, 29 Apr 2023 03:21 0 334 administrator

Assalamualaikum Sobat Fauzan Tadrisul Ulum, sebagai orangtua yang memiliki anak sekolah di tingkat SD, pastinya Anda sudah familiar dengan Program Indonesia Pintar (PIP). Program ini memang sudah berjalan cukup lama dan memberikan bantuan pendidikan kepada siswa-siswi yang berada di bawah garis kemiskinan.

Namun, tahukah Anda bahwa saat ini PIP SD sudah memasuki tahun ajaran 2023? Jika Anda ingin mengetahui cara cek bantuan PIP SD 2023 lewat HP, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Langkah Pertama: Persiapkan Data yang Dibutuhkan

Sebelum melakukan cek bantuan PIP SD 2023 lewat HP, pastikan Anda telah menyiapkan beberapa data yang dibutuhkan, seperti nomor NISN siswa, nomor induk kependudukan (NIK) orangtua/wali, serta nomor handphone yang terdaftar pada data sekolah. Pastikan semua data yang disiapkan sudah benar dan valid.

Langkah Kedua: Buka Aplikasi Dapodik

Setelah data yang dibutuhkan telah disiapkan, selanjutnya Anda perlu membuka aplikasi Dapodik. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Play Store pada smartphone Anda.

Jika aplikasi Dapodik sudah terpasang di smartphone, silakan buka aplikasi tersebut. Kemudian, masukkan username dan password yang sudah Anda buat saat mendaftar. Setelah berhasil masuk, pilih menu “Data Penerima Manfaat”.

Langkah Ketiga: Cek Bantuan PIP SD 2023

Setelah berhasil masuk ke menu “Data Penerima Manfaat”, pilih opsi “Bantuan PIP SD”. Selanjutnya, masukkan nomor NISN siswa dan NIK orangtua/wali yang telah disiapkan sebelumnya.

Jika data yang dimasukkan sudah benar, maka akan muncul informasi mengenai bantuan PIP SD 2023 yang diterima oleh siswa. Anda juga bisa mengecek status pembayaran dan riwayat pembayaran bantuan PIP SD tahun-tahun sebelumnya.

👉 TRENDING :   Program Jamsostek Guru Tendik Dosen 2023

Tips Penting

Beberapa tips yang perlu diperhatikan saat melakukan cek bantuan PIP SD 2023 lewat HP antara lain:

Pastikan data yang dimasukkan sudah benar dan valid.
Jangan lupa memperbarui data siswa secara berkala untuk memastikan informasi yang didapatkan selalu terbaru.
Jangan mudah percaya dengan informasi palsu yang beredar di internet, selalu pastikan informasi yang didapatkan dari sumber yang terpercaya.

Kesimpulan

Menggunakan aplikasi Dapodik adalah salah satu cara mudah untuk cek bantuan PIP SD 2023 lewat HP. Selain mudah, cara ini juga efektif karena informasi yang didapatkan selalu terbaru dan akurat.

Namun, pastikan data yang dimasukkan sudah benar dan valid. Jangan lupa untuk memperbarui data siswa secara berkala agar informasi yang didapatkan selalu terbaru. Terakhir, selalu periksa informasi yang didapatkan dari sumber yang terpercaya agar tidak terjadi kesalahan informasi yang dapat merugikan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Sobat Fauzan Tadrisul Ulum yang sedang mencari cara cek bantuan PIP SD 2023 lewat HP. Terima kasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

LAINNYA