Cara Cek Bantuan PKH Sudah Cair atau Belum

waktu baca 3 menit
Sabtu, 29 Apr 2023 03:33 0 477 administrator

Assalamualaikum Sobat Fauzan Tadrisul Ulum, apakah Anda salah satu penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH)? Jika iya, pasti seringkali ada rasa penasaran apakah bantuan PKH yang sudah disetujui oleh pemerintah tersebut sudah cair atau belum. Nah, dalam artikel kali ini, kami akan memberikan panduan tentang cara cek bantuan PKH sudah cair atau belum.

Cara Cek Bantuan PKH Lewat SMS

Untuk mengetahui apakah bantuan PKH yang sudah disetujui sudah cair atau belum, Anda bisa menggunakan layanan SMS dari pemerintah. Caranya, kirimkan SMS dengan format: INFO#NIK#NoKK#NomorHP ke nomor 4438. Pastikan NIK dan Nomor Kartu Keluarga (NoKK) yang Anda kirimkan sudah terdaftar dan terkait dengan bantuan PKH. Jika bantuan sudah cair, maka Anda akan mendapatkan balasan SMS yang menyatakan bahwa bantuan tersebut telah dicairkan.

Cara Cek Bantuan PKH Lewat Aplikasi ePKH

Selain lewat SMS, Anda juga bisa menggunakan aplikasi ePKH untuk mengecek bantuan PKH. Unduh aplikasi ePKH di Google Play Store atau App Store dan daftar dengan menggunakan NIK dan Nomor Kartu Keluarga (NoKK) yang terdaftar dalam bantuan PKH. Setelah berhasil login, Anda bisa mengecek informasi terkait bantuan PKH yang Anda terima.

Cara Cek Bantuan PKH Lewat Call Center

Jika Anda tidak memiliki akses internet atau masih kesulitan menggunakan layanan SMS dan aplikasi, Anda bisa menghubungi Call Center Kementerian Sosial di nomor 1500-989. Berikan informasi terkait NIK dan Nomor Kartu Keluarga (NoKK) yang terkait dengan bantuan PKH. Petugas call center akan memberikan informasi terkait apakah bantuan PKH yang Anda terima sudah cair atau belum.

Cara Cek Bantuan PKH Lewat Bank

Jika Anda menerima bantuan PKH melalui transfer ke rekening bank, maka Anda bisa langsung mengecek saldo rekening Anda. Jika bantuan PKH sudah cair, maka akan terlihat penambahan saldo yang sesuai dengan jumlah bantuan PKH yang diterima.

Perhatikan Hal-Hal Penting Sebelum Mengecek Bantuan PKH

Sebelum mencoba melakukan cek bantuan PKH, pastikan bahwa data NIK dan Nomor Kartu Keluarga (NoKK) yang Anda berikan sudah benar dan terdaftar dalam program PKH. Selain itu, pastikan juga bahwa bantuan PKH sudah disetujui dan telah melewati proses verifikasi dari pihak terkait.

Simpan Bukti Bantuan PKH dengan Baik

Setelah bantuan PKH Anda cair,pastikan untuk menyimpan bukti bantuan tersebut dengan baik. Bukti bantuan ini akan sangat berguna sebagai bukti bahwa Anda telah menerima bantuan PKH. Anda dapat menyimpan bukti tersebut dalam bentuk cetak atau digital sebagai backup jika suatu saat diperlukan.

Perhatikan Waktu Pencairan Bantuan PKH

Waktu pencairan bantuan PKH dapat berbeda-beda tergantung pada wilayah dan jadwal pencairan yang telah ditetapkan. Sebagai penerima bantuan PKH, pastikan Anda mengetahui jadwal pencairan yang telah ditetapkan oleh pihak terkait. Hal ini akan membantu Anda dalam memperkirakan kapan bantuan PKH akan cair dan tidak perlu khawatir apabila masih belum cair di tanggal yang diharapkan.

Waspadai Penipuan Terkait Bantuan PKH

Sebagai program bantuan sosial yang populer, tidak jarang terjadi kasus penipuan terkait bantuan PKH. Oleh karena itu, pastikan bahwa informasi yang Anda terima seputar bantuan PKH hanya berasal dari sumber resmi dan terpercaya. Jangan mudah terpancing untuk mengirimkan data pribadi atau membayar untuk mendapatkan informasi terkait bantuan PKH.

Kesimpulan

Demikianlah panduan tentang cara cek bantuan PKH sudah cair atau belum. Ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan, mulai dari lewat SMS, aplikasi ePKH, call center, dan pengecekan langsung ke bank. Pastikan juga untuk memperhatikan hal-hal penting sebelum melakukan cek bantuan PKH dan waspadai penipuan terkait bantuan PKH. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu Anda dalam memperoleh bantuan PKH yang tepat waktu dan sesuai dengan kebutuhan.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

LAINNYA
x