Cara Cek Validasi Data Kependudukan untuk Pendaftaran PPPK

waktu baca 2 menit
Rabu, 5 Apr 2023 23:02 0 161 administrator

Assalamualaikum, Sobat Fauzan Tadrisul Ulum! Apakah kamu sedang mencari informasi tentang cara cek validasi data kependudukan untuk pendaftaran PPPK? Jika iya, maka kamu berada di tempat yang tepat. Pada artikel kali ini, kami akan membahas secara lengkap tentang cara cek validasi data kependudukan untuk pendaftaran PPPK agar kamu dapat mempersiapkan diri dengan baik.

1. Mengapa Validasi Data Kependudukan Penting untuk Pendaftaran PPPK?

Sebelum kita membahas tentang cara cek validasi data kependudukan, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu mengapa validasi data kependudukan sangat penting dalam pendaftaran PPPK. Validasi data kependudukan bertujuan untuk memastikan keabsahan identitas dan data diri calon peserta PPPK yang telah terdaftar di Sistem Informasi Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (SIAPK). Hal ini sangat penting untuk mencegah terjadinya kecurangan dalam pendaftaran dan menjaga integritas dari program PPPK sendiri.

2. Cara Cek Validasi Data Kependudukan

Nah, setelah kita memahami pentingnya validasi data kependudukan dalam pendaftaran PPPK, kini saatnya kita membahas cara cek validasi data kependudukan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka website resmi SIAPK melalui link https://siapk.kemdikbud.go.id/

2. Setelah website terbuka, klik tombol “Login” yang terdapat pada bagian kanan atas.

3. Masukkan username dan password yang telah kamu daftarkan sebelumnya.

4. Setelah masuk ke halaman dashboard, klik menu “Verifikasi Data Kependudukan”.

5. Masukkan nomor NIK dan nomor KK yang tertera pada KTP kamu.

6. Klik tombol “Cek Validasi”.

7. Jika data kamu telah terverifikasi, maka akan muncul notifikasi “Data Kependudukan Sesuai”.

👉 TRENDING :   Daftar Formasi Pengadaan ASN yang Dibuka Tahun 2023

3. Kesimpulan

Demikianlah cara cek validasi data kependudukan untuk pendaftaran PPPK. Melakukan validasi data kependudukan sangat penting untuk memastikan keabsahan identitas dan data diri calon peserta PPPK. Dengan mengetahui cara cek validasi data kependudukan, kamu dapat mempersiapkan diri dengan baik dan menghindari terjadinya kendala saat melakukan pendaftaran PPPK. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu, Sobat Fauzan Tadrisul Ulum. Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

LAINNYA