Cara Melihat Arsip Instagram yang Sudah Dihapus

waktu baca 3 menit
Rabu, 3 Mei 2023 01:28 0 227 administrator

Assalamualaikum Sobat Fauzan Tadrisul Ulum, siapa yang tidak tahu Instagram? Salah satu platform media sosial yang paling populer saat ini. Instagram memungkinkan kita untuk berbagi momen berharga dalam bentuk gambar dan video. Namun, terkadang kita mungkin menghapus beberapa postingan yang kita rasa tidak penting. Lalu, apakah kamu tahu bahwa kita masih bisa melihat arsip Instagram yang sudah dihapus? Simak artikel ini untuk mengetahui caranya!

1. Menggunakan Layanan Pihak Ketiga

Ada banyak layanan pihak ketiga yang dapat membantu kamu untuk melihat arsip Instagram yang sudah dihapus. Salah satu layanan tersebut adalah Web Archive. Kamu hanya perlu mengunjungi situs Web Archive, lalu masukkan URL Instagram milikmu. Setelah itu, kamu bisa melihat semua postingan yang pernah kamu unggah, termasuk yang sudah dihapus.

2. Melihat Melalui Cache Browser

Cache browser adalah fitur yang menyimpan salinan halaman web di dalam memori komputer atau perangkat seluler kita. Jika kamu pernah mengunjungi halaman Instagrammu dan kemudian menghapusnya, kemungkinan besar cache browser masih menyimpan salinannya. Kamu bisa mencoba mencari salinan halaman tersebut melalui cache browser di browsermu.

3. Melihat Melalui File Backup

Jika kamu memiliki file backup yang berisi data Instagrammu, kamu bisa mencari postingan yang sudah dihapus di dalam file tersebut. Kamu bisa melakukan pencarian di dalam file dengan menggunakan aplikasi yang mendukung pencarian teks, seperti Notepad++.

4. Mencari Melalui Hashtag atau Lokasi

Selain melihat arsip Instagram yang sudah dihapus melalui cara-cara di atas, kamu juga bisa mencoba mencari postinganmu yang sudah dihapus melalui hashtag atau lokasi. Jika kamu pernah menandai lokasi atau menggunakan hashtag di postingan yang sudah dihapus, kamu masih bisa melihatnya melalui fitur pencarian Instagram.

5. Memulihkan Postingan yang Sudah Dihapus

Jika kamu masih ingin mengembalikan postinganmu yang sudah dihapus, Instagram memungkinkan kamu untuk memulihkannya. Kamu bisa melakukan hal ini dengan pergi ke profilmu, lalu pilih “Pengaturan” dan pilih “Akun”. Setelah itu, pilih “Postingan yang Dihapus di Bawah” dan pilih postingan yang ingin kamu pulihkan.

6. Menggunakan Aplikasi Pemulihan Data

Jika kamu sudah menghapus postinganmu di Instagram selama lebih dari 30 hari, kemungkinan besar kamu tidak akan bisa memulihkannya lagi melalui fitur Instagram yang disediakan. Namun, kamu masih bisa mencoba menggunakan aplikasi pemulihan data yang dapat membantu kamu mengembalikan file yang sudah terhapus di perangkatmu.

7. Menyimpan Postingan Secara Manual

Jika kamu tidak ingin mengalami masalah dalam mencari arsip Instagram yang sudah dihapus, sebaiknya kamu menyimpan postinganmu secara manual. Kamu bisa menyimpan gambar atau video yang ingin kamu unggah di dalam perangkatmu terlebih dahulu, lalu mengunggahnya ke Instagram. Dengan cara ini, kamu masih memiliki salinan gambar atau video tersebut di dalam perangkatmu, meskipun kamu menghapus postingannya di Instagram.

8. Hindari Menghapus Postingan Penting

Terakhir, agar kamu tidak perlu repot-repot mencari arsip Instagram yang sudah dihapus, sebaiknya kamu berhati-hati dalam menghapus postingan. Hindari menghapus postingan penting yang mungkin akan kamu butuhkan di kemudian hari. Sebaiknya kamu menyimpan postinganmu di dalam perangkatmu terlebih dahulu sebelum menghapusnya di Instagram.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk melihat arsip Instagram yang sudah dihapus. Kamu bisa mencoba menggunakan layanan pihak ketiga, melihat melalui cache browser atau file backup, mencari melalui hashtag atau lokasi, memulihkan postingan yang sudah dihapus, menggunakan aplikasi pemulihan data, menyimpan postingan secara manual, dan hindari menghapus postingan penting. Dengan melakukan salah satu cara di atas, kamu masih bisa melihat arsip Instagrammu yang sudah dihapus. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu, Sobat Fauzan Tadrisul Ulum. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

LAINNYA
x