Cara Membuat Grafik di Excel dengan 3 Data

waktu baca 3 menit
Selasa, 2 Mei 2023 07:00 0 422 administrator

Hello Sobat Fauzantadrisululum, Selamat datang di artikel ini!

Membuat grafik adalah salah satu cara yang efektif untuk menyajikan data agar lebih mudah dipahami oleh pembaca. Dalam artikel ini, kita akan belajar cara membuat grafik di Excel dengan 3 data. Dengan mengetahui cara ini, kita dapat membuat grafik yang lebih menarik dan mudah dipahami oleh orang lain.

1. Membuat Tabel Data

Langkah pertama dalam membuat grafik di Excel adalah membuat tabel data. Pastikan tabel data sudah terisi dengan benar dan sesuai dengan topik yang ingin disajikan. Misalnya, jika ingin membuat grafik tentang penjualan sepeda di toko, pastikan tabel data berisi kolom untuk nama sepeda, jumlah penjualan, dan pendapatan.

2. Memilih Jenis Grafik

Setelah tabel data selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah memilih jenis grafik yang ingin digunakan. Ada berbagai jenis grafik yang dapat digunakan, seperti grafik garis, grafik batang, dan grafik pie. Pilih jenis grafik yang paling cocok untuk tabel data yang telah dibuat.

3. Memilih Data yang Akan Dimasukkan ke Grafik

Setelah memilih jenis grafik, langkah selanjutnya adalah memilih data yang akan dimasukkan ke dalam grafik. Untuk membuat grafik dengan 3 data, pilih 3 kolom data yang ingin digunakan. Kolom data ini akan menjadi sumbu x dan sumbu y dalam grafik yang dibuat.

Cara Membuat Grafik di Excel dengan 3 Data

Cara Membuat Grafik di Excel dengan 3 Data

4. Membuat Grafik

Setelah memilih data yang ingin dimasukkan ke dalam grafik, langkah selanjutnya adalah membuat grafik. Caranya sangat mudah, cukup klik ikon grafik pada menu Insert di Excel, kemudian pilih jenis grafik yang diinginkan. Setelah itu, masukkan data yang sudah dipilih sebelumnya ke dalam grafik.

5. Mengubah Tampilan Grafik

Setelah membuat grafik, kita dapat mengubah tampilan grafik agar lebih menarik dan mudah dipahami oleh orang lain. Caranya adalah dengan mengubah warna dan jenis font, menambahkan judul, dan memberikan label pada sumbu x dan y. Dengan mengubah tampilan grafik, kita dapat membuat grafik yang lebih profesional dan mudah dipahami.

6. Menyimpan dan Menggunakan Grafik

Setelah grafik selesai dibuat, langkah terakhir adalah menyimpan dan menggunakan grafik. Caranya adalah dengan menyimpan grafik ke dalam file Excel atau menyimpannya sebagai gambar. Setelah itu, grafik dapat digunakan untuk disajikan dalam laporan atau presentasi.

7. Menggunakan Fitur PivotChart

Jika ingin membuat grafik dengan data yang kompleks, kita dapat menggunakan fitur PivotChart di Excel. Fitur ini memungkinkan kita untuk mengelompokkan dan menyajikan data dalam bentuk grafik dengan lebih mudah. Dengan menggunakan fitur PivotChart,kita dapat membuat grafik yang lebih kompleks dengan mudah.

8. Menambahkan Trendline

Jika ingin mengetahui kecenderungan data, kita dapat menambahkan trendline pada grafik. Trendline adalah garis yang menunjukkan kecenderungan data. Caranya adalah dengan klik kanan pada grafik dan memilih opsi “Add Trendline”. Setelah itu, pilih jenis trendline yang diinginkan dan klik “OK”.

9. Menambahkan Data Baru pada Grafik

Jika ingin menambahkan data baru pada grafik, caranya sangat mudah. Cukup tambahkan data baru ke dalam tabel data yang sudah dibuat, kemudian klik kanan pada grafik dan pilih opsi “Select Data”. Setelah itu, tambahkan data baru ke dalam grafik dengan memilih kolom data yang baru ditambahkan.

10. Mengedit Grafik Setelah Dibuat

Jika ingin mengedit grafik setelah dibuat, caranya sangat mudah. Klik kanan pada grafik dan pilih opsi “Edit Data” untuk mengedit tabel data, atau pilih opsi “Format Chart Area” untuk mengubah tampilan grafik. Dengan mengedit grafik setelah dibuat, kita dapat membuat grafik yang lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan kita.

Kesimpulan

Itulah cara membuat grafik di Excel dengan 3 data. Dengan mengetahui cara ini, kita dapat membuat grafik yang lebih menarik dan mudah dipahami oleh orang lain. Selain itu, kita juga dapat menggunakan fitur-fitur tambahan di Excel untuk membuat grafik yang lebih kompleks dan lebih profesional. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Fauzantadrisululum dan pembaca lainnya. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

LAINNYA
x