Cara Membuka Arsip WA di iPhone Terbaru 2023

waktu baca 3 menit
Senin, 1 Mei 2023 02:00 0 235 administrator

Assalamualaikum Sobat Fauzan Tadrisul Ulum, tentunya kita sudah sangat familiar dengan aplikasi WhatsApp yang sering digunakan untuk berkomunikasi. Namun, pernahkah Anda mengalami masalah saat ingin membuka arsip percakapan di WhatsApp pada iPhone? Jangan khawatir, dalam artikel ini saya akan memberikan panduan cara membuka arsip WA di iPhone terbaru 2023.

Langkah Pertama: Update WhatsApp

Sebelum membuka arsip percakapan di WhatsApp, pastikan aplikasi WhatsApp yang Anda gunakan sudah diperbarui ke versi terbaru. Caranya, buka App Store pada iPhone Anda, cari WhatsApp, dan pastikan Anda sudah mengunduh dan memperbarui aplikasi tersebut ke versi terbaru.

Langkah Kedua: Membuka Arsip WhatsApp

Setelah memperbarui WhatsApp ke versi terbaru, langkah selanjutnya adalah membuka arsip percakapan WhatsApp. Untuk membuka arsip tersebut, ikuti langkah-langkah berikut:

Buka aplikasi WhatsApp pada iPhone Anda.
Gulir ke bawah dan temukan menu “Pengaturan”.
Pilih “Pengaturan Chat”.
Kemudian pilih “Chat Backup”.
Di sini Anda akan melihat pilihan “Arsip Chat”. Pilih opsi ini.

Langkah Ketiga: Pilih Arsip yang Ingin Dibuka

Setelah memilih “Arsip Chat”, Anda akan melihat daftar semua arsip percakapan yang tersimpan. Pilihlah arsip yang ingin Anda buka, kemudian ketuk opsi “Buka”.

Langkah Keempat: Cari Pesan yang Diarsipkan

Setelah membuka arsip chat, Anda akan melihat semua pesan yang diarsipkan pada percakapan tersebut. Untuk mencari pesan tertentu, Anda bisa menggunakan fitur pencarian yang tersedia di atas percakapan.

Langkah Kelima: Kembalikan Pesan ke Percakapan Utama

Jika Anda ingin mengembalikan pesan yang diarsipkan ke dalam percakapan utama, cukup ketuk pesan tersebut dan pilih opsi “Hapus dari Arsip”. Pesan tersebut akan kembali ke dalam percakapan utama pada WhatsApp.

Langkah Keenam: Simpan Pesan ke Galeri

Selain mengembalikan pesan ke percakapan utama, Anda juga bisa menyimpan pesan tersebut ke dalam galeri iPhone Anda. Caranya cukup dengan menekan dan menahan pesan tersebut, kemudian pilih opsi “Simpan”.

Langkah Ketujuh: Aktifkan iCloud Drive

Jika Anda ingin mem-backup percakapan WhatsApp ke iCloud Drive, pastikan fitur iCloud Drive sudah aktif di iPhone Anda. Caranya, buka “Pengaturan” pada iPhone, pilih “iCloud”, kemudian aktifkan opsi “iCloud Drive”.

Langkah Kedelapan: Backup Percakapan ke iCloud Drive

Setelah mengaktifkan iCloud Drive, langkah selanjutnya adalah mem-backup percakapan WhatsApp ke iCloud Drive. Untuk melakukan ini, ikuti langkah-langkah berikut:

Buka aplikasi WhatsApp pada iPhone Anda.
Gulir ke bawah dan temukan menu “Pengaturan”.
Pilih “Pengaturan Chat”.
Kemudian pilih “Chat Backup”.
Di sini Anda akan melihat pilihan “Cadangkan Sekarang”. Pilih opsi ini.
Setelah proses backup selesai, percakapan WhatsApp Anda akan tersimpan di iCloud Drive.

Langkah Kesembilan: Pindahkan Percakapan ke iPhone Baru

Jika Anda ingin memindahkan percakapan WhatsApp dari iPhone lama ke iPhone baru, Anda bisa menggunakan fitur “Pemulihan” pada WhatsApp. Caranya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi WhatsApp pada iPhone baru Anda.
  2. Ikuti instruksi untuk mengatur nomor telepon Anda.
  3. Ketika diminta, pilih opsi “Pemulihan” untuk memulihkan data WhatsApp dari iPhone lama ke iPhone baru.
  4. Tunggu proses pemulihan selesai.

Langkah Kesepuluh: Cek Arsip Chat Secara Berkala

Terakhir, pastikan Anda selalu melakukan backup dan cek arsip chat secara berkala untuk memastikan data percakapan WhatsApp Anda tetap aman dan terjaga. Anda bisa mengatur backup secara otomatis pada pengaturan WhatsApp untuk mempermudah proses backup.

Itulah beberapa langkah mudah cara membuka arsip WA di iPhone terbaru 2023. Dengan mengikuti panduan di atas, Anda bisa dengan mudah mengakses arsip chat dan menyimpannya ke dalam iPhone Anda. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Fauzan Tadrisul Ulum. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

LAINNYA
x