Cara Mencetak Kartu NISN dari Dapodik

waktu baca 3 menit
Minggu, 28 Mei 2023 21:29 0 427 administrator

Hello, Sobat Fauzantadrisululum! Apakah kamu sedang mencari informasi tentang cara mencetak kartu NISN dari Dapodik? Nah, kamu berada di tempat yang tepat! Pada artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk mendapatkan kartu NISN dengan mudah dan praktis. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai!

Persiapan Awal

Sebelum mencetak kartu NISN, ada beberapa persiapan awal yang perlu kamu lakukan. Pertama, pastikan kamu memiliki akses ke internet dan perangkat yang terhubung ke jaringan. Selanjutnya, pastikan juga kamu telah memiliki akun Dapodik, karena proses mencetak kartu NISN akan dilakukan melalui sistem Dapodik. Jika kamu belum memiliki akun, silakan daftar terlebih dahulu.

Masuk ke Sistem Dapodik

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah masuk ke sistem Dapodik. Buka browser internet kamu dan ketikkan alamat website Dapodik. Setelah itu, masukkan username dan password akun Dapodik yang telah kamu miliki. Jika berhasil, kamu akan masuk ke halaman utama Dapodik.

Cara Mencetak Kartu NISN dari Dapodik

Cara Mencetak Kartu NISN dari Dapodik

Pilih Menu “Cetak Kartu NISN”

Pada halaman utama Dapodik, cari menu yang bertuliskan “Cetak Kartu NISN” atau serupa. Biasanya, menu ini terletak pada bagian atas halaman atau dalam daftar menu di samping kiri. Klik pada menu tersebut untuk melanjutkan proses mencetak kartu NISN.

Masukkan Nomor Induk Siswa

Pada langkah ini, kamu akan diminta untuk memasukkan nomor induk siswa (NIS) atau Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Pastikan kamu memasukkan nomor tersebut dengan benar, karena kartu NISN yang akan dicetak nantinya akan berdasarkan informasi yang terkait dengan nomor tersebut.

👉 TRENDING :   Panduan Terbaik untuk Metodologi Pembelajaran yang Efektif

Verifikasi Data Siswa

Setelah memasukkan nomor induk siswa, sistem Dapodik akan melakukan verifikasi terhadap data siswa yang terkait. Pastikan data yang muncul sesuai dengan data diri siswa yang kamu maksud. Jika ada kesalahan atau ketidaksesuaian data, segera laporkan kepada pihak sekolah atau instansi terkait untuk melakukan perbaikan.

Proses Cetak Kartu NISN

Setelah verifikasi data selesai, kamu akan diarahkan ke halaman proses pencetakan kartu NISN. Pada halaman ini, kamu akan melihat tampilan kartu NISN yang siap dicetak. Pastikan kamu telah menyediakan printer yang terhubung ke perangkat kamu. Klik tombol “Cetak” atau serupa untuk memulai proses mencetak kartu NISN.

Periksa dan Simpan Kartu NISN

Setelah mencetak kartu NISN, pastikan kamu memeriksa hasil cetakan dengan teliti. Periksa apakah informasi yang tercetak jelas dan tidak terdapat kesalahan. Jika terdapat kesalahan, segera hubungi pihak sekolah atau instansi terkait untuk mendapatkan bantuan.

Setelah memastikan kartu NISN telah tercetak dengan baik, simpan kartu tersebut dengan aman. Kartu NISN memiliki peranan penting dalam administrasi pendidikan, jadi pastikan kamu menyimpannya di tempat yang aman dan mudah dijangkau saat dibutuhkan.

Kesimpulan

Demikianlah cara mencetak kartu NISN dari Dapodik dengan mudah dan praktis. Langkah-langkah yang telah kita bahas di atas dapat membantu kamu dalam mendapatkan kartu NISN dengan cepat. Ingatlah untuk selalu memeriksa data yang tercetak dan menyimpan kartu NISN dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari informasi mengenai cetak kartu NISN. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

👉 TRENDING :   Kredit Investasi Kecil: Solusi Untuk UMKM di Tengah Krisis
LAINNYA