Cara Mengecek Windows di Laptop Asus

waktu baca 6 menit
Senin, 24 Jul 2023 16:15 0 216 administrator

1. Melalui “Settings” (Pengaturan) Windows 😊

Metode pertama yang bisa kamu gunakan untuk mengecek versi Windows di laptop Asus adalah melalui “Settings” atau Pengaturan Windows. Caranya cukup mudah, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka menu Start dan pilih ikon “Settings” (berbentuk roda gigi).
  2. Pilih opsi “System” (Sistem).
  3. Pilih “About” (Tentang) di sisi kiri layar.
  4. Di bagian “Windows specifications” (Spesifikasi Windows), kamu akan melihat informasi tentang versi dan build Windows yang sedang digunakan.

2. Menggunakan “Run” (Jalankan) Command 😊

Jika kamu lebih terbiasa menggunakan perintah, metode kedua ini bisa menjadi pilihan. Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Tekan tombol “Windows + R” secara bersamaan untuk membuka jendela “Run” (Jalankan).
  2. Ketik “winver” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter.
  3. Jendela “About Windows” (Tentang Windows) akan muncul, menampilkan informasi tentang versi dan build Windows.

3. Menggunakan Command Prompt 😊

Jika kamu lebih menyukai Command Prompt, maka langkah-langkah ini dapat kamu ikuti:

  1. Buka Command Prompt dengan cara mengetik “cmd” di menu Start atau tekan “Windows + R,” lalu ketik “cmd” dan tekan Enter.
  2. Di jendela Command Prompt, ketik “ver” dan tekan Enter.
  3. Informasi tentang versi Windows akan ditampilkan.

4. Melalui “System Information” (Informasi Sistem) 😊

“System Information” adalah utilitas bawaan Windows yang menyediakan informasi rinci tentang perangkat dan sistem operasinya. Kamu bisa menggunakannya untuk mengecek versi Windows di laptop Asus dengan langkah berikut:

  1. Buka “Run” (Jalankan) dengan menekan “Windows + R.”
  2. Ketik “msinfo32” dan tekan Enter.
  3. Window “System Information” (Informasi Sistem) akan muncul, dan di bagian “OS Name” (Nama OS) kamu akan menemukan informasi tentang sistem operasi Windows yang terpasang.

    Cara Mengecek Windows di Laptop Asus

    Cara Mengecek Windows di Laptop Asus

5. Cek Label Stiker pada Laptop Asus 😊

Metode terakhir ini bisa kamu coba jika tidak ingin repot mencari informasi melalui sistem Windows. Setiap laptop Asus biasanya dilengkapi dengan label stiker yang berisi informasi tentang sistem operasi yang digunakan. Cari stiker dengan keterangan “Windows” di bagian bawah atau belakang laptopmu.

Kelebihan dan Kekurangan Cara Mengecek Windows di Laptop Asus

Kelebihan:

1. Mudah dan Cepat: Semua metode di atas adalah cara yang cepat dan mudah untuk mengetahui versi Windows tanpa harus menginstal perangkat lunak tambahan.

2. Tidak Memerlukan Koneksi Internet: Kamu tidak memerlukan koneksi internet untuk melihat informasi tentang sistem operasi Windows di laptop Asus.

3. Berlaku untuk Berbagai Versi Windows: Metode-metode di atas berlaku untuk berbagai versi Windows, termasuk Windows 7, 8, dan 10.

4. Tidak Memerlukan Keahlian Teknis Khusus: Metode-metode tersebut sederhana dan dapat diikuti oleh pengguna awam tanpa keahlian teknis khusus.

5. Dapat Digunakan pada Berbagai Model Laptop Asus: Metode ini dapat diterapkan pada berbagai model laptop Asus, baik yang lama maupun yang baru.

6. Metode Pilihan: Kamu bisa memilih metode mana yang paling sesuai dengan preferensimu.

7. Legal dan Aman: Semua metode ini adalah cara resmi dari Microsoft dan aman untuk dilakukan.

Kekurangan:

1. Tidak Memberikan Informasi Mendalam: Meskipun metode-metode tersebut memberikan informasi tentang versi Windows, mereka tidak memberikan penjelasan mendalam tentang fitur atau perbedaan antar versi Windows.

2. Tidak Menyediakan Solusi untuk Masalah Lain: Meskipun mengetahui versi Windows adalah langkah awal yang penting, metode-metode ini tidak memberikan solusi jika laptop mengalami masalah teknis atau perangkat lunak.

3. Keterbatasan “System Information”: Metode menggunakan “System Information” memerlukan akses ke Windows, sehingga tidak bisa digunakan jika laptop tidak dapat booting.

4. Keterbatasan Label Stiker: Informasi pada label stiker terbatas dan mungkin tidak mencakup seluruh detail tentang sistem operasi.

5. Tidak Memberikan Informasi Tentang Build Terbaru: Metode-metode ini hanya memberikan informasi tentang versi Windows, namun tidak secara otomatis menunjukkan apakah laptop telah diperbarui dengan build terbaru atau belum.

6. Perbedaan pada Versi Windows: Beberapa metode mungkin memberikan informasi yang sedikit berbeda tergantung pada versi Windows yang digunakan.

7. Mem

Kelebihan dan Kekurangan (lanjutan)

7. Memerlukan Akses Administratif: Beberapa metode, seperti melalui Command Prompt, memerlukan akses administratif untuk menampilkan informasi sistem, yang mungkin menjadi kendala jika kamu tidak memiliki izin tersebut.

Tabel Informasi tentang Cara Mengecek Windows di Laptop Asus

Metode Kelebihan Kekurangan
Melalui “Settings” (Pengaturan) Windows Mudah dan cepat diakses Tidak memberikan informasi mendalam
Menggunakan “Run” (Jalankan) Command Cepat dan tidak memerlukan klik lebih lanjut Tidak memberikan solusi untuk masalah lain
Menggunakan Command Prompt Menggunakan perintah mudah diakses Keterbatasan “System Information”
Melalui “System Information” (Informasi Sistem) Informasi lebih rinci tentang sistem Keterbatasan label stiker
Cek Label Stiker pada Laptop Asus Informasi langsung tertera pada stiker Tidak memberikan informasi tentang build terbaru

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Bagaimana cara mengetahui versi Windows pada laptop Asus?

Untuk mengetahui versi Windows pada laptop Asus, kamu bisa menggunakan metode melalui “Settings” (Pengaturan) Windows, “Run” (Jalankan) Command, Command Prompt, “System Information” (Informasi Sistem), atau cek label stiker pada laptop.

2. Apakah metode-metode ini berlaku untuk semua laptop Asus?

Ya, metode-metode ini berlaku untuk berbagai model laptop Asus, baik yang lama maupun yang baru.

3. Apakah cara mengecek Windows di laptop Asus memerlukan koneksi internet?

Tidak, cara-cara di atas tidak memerlukan koneksi internet karena mereka hanya menggunakan fitur bawaan sistem Windows.

4. Apakah metode menggunakan Command Prompt sulit dilakukan?

Metode menggunakan Command Prompt cukup sederhana dan dapat diikuti oleh pengguna awam dengan langkah-langkah yang tepat.

5. Bisakah saya mengetahui build terbaru Windows melalui metode-metode ini?

Tidak, metode-metode ini hanya memberikan informasi tentang versi Windows, namun tidak secara otomatis menunjukkan apakah laptop telah diperbarui dengan build terbaru atau belum.

6. Apakah metode melalui “System Information” hanya bisa digunakan jika laptop dapat booting?

Ya, karena metode ini memerlukan akses ke Windows, maka laptop harus dapat booting untuk menggunakan “System Information.”

7. Apakah metode menggunakan Command Prompt memerlukan akses administratif?

Ya, metode menggunakan Command Prompt memerlukan akses administratif untuk menampilkan informasi sistem, jadi pastikan kamu memiliki izin tersebut.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas berbagai cara untuk mengecek sistem operasi Windows di laptop Asus. Metode melalui “Settings” (Pengaturan) Windows, “Run” (Jalankan) Command, Command Prompt, “System Information” (Informasi Sistem), dan cek label stiker pada laptop telah dijelaskan secara rinci. Masing-masing metode memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, dan kamu bisa memilih yang paling sesuai dengan preferensimu.

Mengetahui versi Windows adalah langkah awal yang penting dalam memahami sistem operasi yang sedang digunakan dan memastikan kompatibilitas dengan aplikasi atau perangkat keras tertentu. Selain itu, artikel ini telah membahas berbagai FAQ yang mungkin muncul terkait cara mengecek Windows di laptop Asus.

Jika kamu ingin lebih mendalami informasi tentang sistem operasi Windows atau menyelesaikan masalah teknis terkait, selalu perlu melakukan penelusuran lebih lanjut dan meminta bantuan dari sumber-sumber terpercaya.

Kata Penutup

Informasi yang disajikan dalam artikel ini diharapkan dapat membantu kamu untuk mengecek sistem operasi Windows di laptop Asus dengan mudah. Pastikan selalu memperbarui Windows ke versi terbaru untuk memanfaatkan fitur dan perbaikan keamanan yang diberikan oleh Microsoft. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

👉 TRENDING :   Cara Menginstal Laptop
LAINNYA