Cara Merubah Suara di WhatsApp Tanpa Aplikasi

waktu baca 3 menit
Minggu, 30 Apr 2023 02:23 0 240 administrator

Assalamualaikum Sobat Fauzan Tadrisul Ulum, apa kabar? Pernahkah kamu bosan dengan suara bawaan WhatsApp yang monoton dan ingin mengubahnya menjadi lebih menarik? Nah, kamu berada di artikel yang tepat! Kali ini, saya akan membagikan cara merubah suara di WhatsApp tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pertama-tama, Siapkan File Suara yang Akan Digunakan

Sebelum memulai langkah-langkah merubah suara di WhatsApp, pastikan kamu sudah menyiapkan file suara yang akan digunakan. File suara tersebut bisa berupa rekaman suara sendiri atau download dari sumber lain. Pastikan format file suara yang digunakan adalah MP3.

Buka Aplikasi File Manager

Setelah file suara siap, buka aplikasi file manager pada smartphone kamu. Aplikasi file manager ini biasanya sudah tersedia secara default di setiap smartphone. Jika tidak ada, kamu bisa mengunduhnya di Play Store.

Pilih Folder WhatsApp

Setelah masuk ke aplikasi file manager, pilih folder WhatsApp pada penyimpanan internal atau eksternal smartphone kamu.

Masuk ke Folder Media

Setelah masuk ke folder WhatsApp, pilih folder Media. Di dalam folder Media, terdapat folder Audio yang berisi file suara di WhatsApp.

Pilih Folder WhatsApp Voice Notes

Setelah masuk ke folder Audio, pilih folder WhatsApp Voice Notes. Di dalam folder ini, terdapat file-file suara yang sudah pernah kamu rekam di WhatsApp.

Pilih File Suara yang Ingin Dirubah

Pilih file suara yang ingin dirubah. Tekan dan tahan file tersebut sampai muncul pilihan menu.

👉 TRENDING :   Mengenal Cloud Mining

Pilih Rename atau Ganti Nama

Pilih menu Rename atau Ganti Nama. Beri nama baru sesuai dengan keinginan kamu. Pastikan nama file tersebut diakhiri dengan ekstensi .mp3.

Pindahkan File Suara ke Folder Notifications

Setelah memberi nama baru, pindahkan file suara ke folder Notifications di dalam folder Media. Folder Notifications berisi file suara notifikasi yang digunakan WhatsApp.

Buka Pengaturan WhatsApp

Buka aplikasi WhatsApp dan masuk ke pengaturan.

Pilih Notifikasi

Pilih menu Notifikasi. Di menu ini, kamu bisa mengubah suara notifikasi dan panggilan masuk di WhatsApp.

Pilih File Suara Baru yang Sudah Ditambahkan

Pada menu Notifikasi, pilih suara notifikasi baru yang sudah ditambahkan sebelumnya di folder Notifications. Setelah memilih, simpan pengaturan.

Kesimpulan

Itulah cara merubah suara di WhatsApp tanpa aplikasi tambahan. Mudah bukan? Dengan cara ini, kamu bisa memilih suara notifikasi yang lebih menarik dan membuat pengalaman chatting di WhatsApp semakin menyenangkan. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman kamu yang juga ingin merubah suara di WhatsApp. Terima kasih telah membaca, sampai jumpa di artikel menarik lainnya di masa depan. Wassalamualaikum Sobat Fauzan Tadrisul Ulum, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu.

LAINNYA