Cerita Keluarga di Hari Raya Idul Fitri 2023: Pengalaman yang Menyentuh Hati

waktu baca 4 menit
Jumat, 14 Apr 2023 14:17 0 305 administrator

Menyambut Hari Raya Idul Fitri

Hello Sobat fauzantadrisululum! Sudah tidak terasa, hari yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia akan segera tiba. Hari raya Idul Fitri yang selalu dinanti-nantikan sebagai mo

Kapan kita merayakan Hari Raya Idul Fitri?

men untuk bersilaturahmi dengan keluarga dan sanak saudara. Begitu juga dengan keluarga saya, kami sudah menyiapkan segala sesuatunya untuk merayakan hari raya Idul Fitri tahun ini.

Keluarga Besar Berkumpul

Setiap tahunnya, kami selalu merayakan hari raya Idul Fitri bersama-sama. Tidak hanya keluarga inti, namun juga keluarga besar dari kedua belah pihak yang datang dari berbagai daerah di Indonesia. Dan tahun ini, kami benar-benar merindukan momen tersebut setelah setahun terakhir tidak bisa berkumpul karena pandemi Covid-19. Akhirnya, keluarga besar kami berkumpul kembali dan bersyukur dapat merayakan hari raya Idul Fitri bersama-sama.

Tradisi Ketupat dan Opak

Cerita Keluarga di Hari Raya Idul Fitri 2023: Pengalaman yang Menyentuh Hati

Di hari raya Idul Fitri, tradisi yang selalu kami lakukan adalah memasak ketupat dan opak bersama-sama. Tradisi ini sudah dilakukan oleh keluarga kami sejak nenek moyang kami dan sampai sekarang masih terus dilakukan. Proses memasaknya juga sangat menyenangkan, kami semua bergotong-royong dan saling membantu dalam memasak ketupat dan opak. Setelah selesai dimasak, kami semua pun menikmati hidangan tersebut bersama-sama.

Momen Bermaaf-maafan

Selain bersilaturahmi dan berbuka bersama-sama, momen bermaaf-maafan juga selalu terjadi di hari raya Idul Fitri. Momen ini sangat penting untuk menyatukan kembali hati yang pernah terluka dan mempererat tali silaturahmi. Di keluarga kami, momen bermaaf-maafan selalu diawali oleh orang tua dan diikuti oleh seluruh anggota keluarga yang hadir. Setelah itu, kami semua merasa lebih lega dan senang karena sudah saling memaafkan.

Berbagi dengan Orang-orang yang Membutuhkan

Tidak hanya berkumpul dengan keluarga, kami juga selalu berbagi dengan orang-orang yang membutuhkan. Seperti tahun-tahun sebelumnya, kami selalu menyiapkan paket sembako dan makanan untuk dibagikan ke panti asuhan dan warga sekitar yang kurang mampu. Rasanya sangat senang bisa berbagi kebahagiaan dengan orang lain, terlebih di momen yang istimewa seperti hari raya Idul Fitri.

Momen Tukar Kado

Tradisi tukar kado juga selalu dilakukan di keluarga kami. Tukar kado ini juga menjadi momen yang ditunggu-tunggu, karena selain bisa mendapatkan hadiah dari orang lain, juga bisa membuat hubungan menjadi lebih dekat. Tidak hanya untuk anak-anak, tukar kado juga dilakukan oleh orang dewasa di keluarga kami. Saling memberi hadiah juga menjadi momen yang menyenangkan dan bisa menambah keceriaan di hari raya Idul Fitri.

Permainan Tradisional

Di samping berkumpul dan makan bersama, kami juga selalu mengadakan permainan tradisional di halaman rumah. Seperti balap karung, lomba makan kerupuk, dan lain sebagainya. Meskipun terkesan sederhana, namun permainan ini selalu menjadi momen yang menyenangkan dan bisa membuat kami semua tertawa bersama-sama.

Kisah-kisah Menyentuh Hati

Selain momen-momen yang seru, di hari raya Idul Fitri juga seringkali terdapat kisah-kisah yang sangat menyentuh hati. Seperti tahun ini, ketika salah satu anggota keluarga kami yang biasanya jarang pulang ke kampung halaman datang dan menceritakan pengalaman-pengalaman yang dijalani selama setahun terakhir. Kisah-kisah yang disampaikan pun sangat menyentuh hati dan membuat kami semua merenungkan arti dari kehidupan.

Doa Bersama

Tak lupa, di hari raya Idul Fitri kami juga selalu melakukan doa bersama di masjid yang ada di lingkungan sekitar. Doa bersama ini menjadi momen yang sangat sakral bagi kami, karena selain bisa mempererat tali silaturahmi dengan warga sekitar, juga menjadi momen untuk memohon ampun dan keselamatan di tahun yang akan datang.

Persiapan Pulang ke Kota Masing-masing

Setelah merayakan hari raya Idul Fitri selama beberapa hari, kami semua mulai bersiap-siap untuk kembali ke kota masing-masing. Namun, meskipun harus berpisah, kami semua merasa bahagia karena bisa berkumpul bersama-sama dan merayakan hari raya Idul Fitri dengan penuh keceriaan. Kami semua berharap bisa berkumpul lagi di tahun depan dan merayakan hari raya Idul Fitri dengan lebih meriah lagi.

Kesimpulan

Demikianlah cerita keluarga saya di hari raya Idul Fitri 2023. Momen yang menyentuh hati dan penuh keceriaan bersama keluarga besar. Semoga cerita ini bisa menjadi inspirasi bagi kita semua untuk selalu menjaga tali silaturahmi dan berbagi kebahagiaan dengan orang lain. Terima kasih Sobat fauzantadrisululum sudah membaca artikel ini, sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

LAINNYA
x