Contoh Surat Lamaran Kerja

waktu baca 4 menit
Rabu, 31 Mei 2023 20:56 0 268 administrator

Hello, Sobat Fauzantadrisululum!

Apakah Anda sedang mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat Anda? Surat lamaran kerja adalah langkah awal yang penting dalam meraih karir impian. Meskipun terkadang terlihat serius dan formal, tidak ada salahnya untuk menulis surat lamaran dengan gaya yang santai namun tetap profesional. Dalam artikel ini, kami akan memberikan contoh surat lamaran kerja yang dapat memudahkan Anda dalam mengekspresikan diri dan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Yuk, simak!

1. Identitas Diri

Sebelum memulai surat lamaran, pastikan Anda mencantumkan identitas diri dengan jelas. Berikan informasi tentang nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan surel Anda. Jangan lupa untuk menuliskan tanggal saat mengirim surat lamaran agar terlihat up-to-date.

2. Salam Pembuka yang Ramah

Pada awal surat, sampaikan salam pembuka yang ramah kepada penerima lamaran. Contohnya, “Halo! Saya sangat antusias mengajukan lamaran kerja untuk posisi yang sedang Anda buka di perusahaan yang terhormat ini.”

Contoh Surat Lamaran Kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja

3. Kenalkan Diri dan Motivasi Anda

Setelah salam pembuka, jangan lupa untuk memperkenalkan diri secara singkat. Ceritakan mengapa Anda tertarik dengan perusahaan tersebut dan posisi yang sedang dibuka. Berikan alasan yang kuat dan tautkan dengan pengalaman atau keahlian yang Anda miliki.

4. Ceritakan Pengalaman dan Pendidikan Anda

Bagian ini adalah kesempatan bagi Anda untuk menjelaskan pengalaman kerja dan pendidikan yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Ceritakan secara ringkas mengenai pekerjaan sebelumnya, proyek-proyek yang pernah Anda lakukan, serta prestasi akademik yang Anda peroleh. Jangan lupa untuk menekankan bagaimana pengalaman dan pendidikan tersebut dapat membantu Anda dalam peran yang Anda lamar.

5. Sampaikan Kemampuan dan Keahlian yang Dimiliki

Jelaskan dengan jelas kemampuan dan keahlian yang Anda miliki yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Misalnya, jika Anda melamar posisi di bidang pemasaran, ceritakan tentang keahlian dalam analisis data, pengelolaan kampanye digital, atau kreativitas dalam merancang strategi pemasaran.

6. Ungkapkan Keinginan untuk Belajar dan Berkembang

Perusahaan sering mencari karyawan yang memiliki motivasi dan keinginan untuk terus belajar dan berkembang. Sampaikan dengan tegas bahwa Anda memiliki minat yang besar untuk terus meningkatkan kemampuan dan penget
ian di bidang yang Anda lamar. Ceritakan tentang seminar, pelatihan, atau kursus yang pernah Anda ikuti yang relevan dengan posisi tersebut. Tunjukkan bahwa Anda adalah pribadi yang selalu ingin mengembangkan diri dan siap menghadapi tantangan baru.

7. Ceritakan Alasan Mengapa Anda Cocok untuk Posisi Tersebut

Selanjutnya, jelaskan dengan jelas mengapa Anda cocok untuk posisi yang Anda lamar. Tinjau kembali persyaratan pekerjaan yang tercantum dalam iklan lowongan kerja dan ceritakan bagaimana Anda memenuhi atau bahkan melebihi persyaratan tersebut. Jelaskan dengan konkret apa yang dapat Anda berikan kepada perusahaan jika diberikan kesempatan.

8. Ucapkan Terima Kasih

Sebelum mengakhiri surat lamaran, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada penerima surat atas waktu dan perhatiannya dalam membaca lamaran Anda. Sampaikan dengan tulus bahwa Anda berharap dapat bertemu dan berdiskusi lebih lanjut mengenai peluang kerja tersebut.

9. Salam Penutup

Tutup surat lamaran Anda dengan salam penutup yang sopan. Misalnya, “Hormat saya, [Nama Lengkap Anda]”. Pastikan untuk menulis tanda tangan di bawah salam penutup menggunakan tinta hitam atau digital.

10. Penyelesaian

Demikianlah contoh surat lamaran kerja yang santai namun tetap profesional. Ingatlah untuk selalu menyesuaikan surat lamaran dengan posisi yang Anda lamar dan perusahaan yang Anda tuju. Pastikan tata bahasa dan ejaan dalam surat lamaran Anda benar, serta format penulisan yang rapi dan mudah dibaca.

Kesimpulan

Dalam mencari pekerjaan, kesan pertama sangat penting. Dengan menulis surat lamaran kerja yang santai namun tetap profesional, Anda dapat menarik perhatian perekrut dan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Ingatlah untuk menggabungkan informasi tentang diri Anda, pengalaman, pendidikan, dan keahlian yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Selamat mencoba dan semoga sukses dalam perjalanan mencari karir impian Anda!

Hingga jumpa kembali di artikel menarik lainnya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Terima kasih telah membaca!

LAINNYA
x