Jangan Salah, Ini Cara Mudah Memahami Passing Grade PPPK Kemenag 2023

waktu baca 4 menit
Minggu, 23 Apr 2023 09:55 0 203 administrator

Assalamualaikum Sobat Fauzan Tadrisul Ulum!

Seiring dengan perkembangan zaman dan kebutuhan akan tenaga pengajar yang semakin meningkat, pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) kembali membuka kesempatan untuk menjadi guru honorer dengan sistem Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Namun, untuk bisa menjadi guru honorer PPPK di Kemenag, kalian harus memenuhi passing grade yang telah ditetapkan. Lalu, apa itu passing grade PPPK Kemenag 2023?

Passing grade PPPK Kemenag 2023 adalah nilai ambang batas yang harus dicapai oleh calon guru honorer PPPK Kemenag pada saat mendaftar. Passing grade ini dilihat dari nilai ujian tertulis yang dilaksanakan oleh Kemenag. Nilai ujian tertulis ini mencakup tiga mata pelajaran yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Untuk mencapai passing grade PPPK Kemenag 2023, kalian harus memenuhi persyaratan minimal pada ketiga mata pelajaran tersebut. Persyaratan minimal untuk TWK adalah 70, TIU adalah 85, dan TKP adalah 80. Jika kalian tidak mencapai persyaratan minimal pada salah satu atau ketiga mata pelajaran tersebut, maka kalian dianggap gagal dan tidak bisa melanjutkan ke tahap seleksi berikutnya.

Untuk lebih memudahkan pemahaman tentang passing grade PPPK Kemenag 2023, berikut ini adalah contoh perhitungan passing grade:

Jika kamu mendapat nilai TWK sebesar 80, TIU sebesar 90, dan TKP sebesar 85, maka perhitungan passing grademu adalah sebagai berikut:

(80 + 90 + 85) ÷ 3 = 85

Artinya, nilai rata-rata kamu adalah 85, sehingga kamu berhasil mencapai passing grade PPPK Kemenag 2023.

Perlu diingat bahwa passing grade PPPK Kemenag 2023 dapat berbeda-beda setiap tahunnya tergantung dari jumlah peserta dan kebijakan Kemenag. Oleh karena itu, sebaiknya kamu selalu memantau informasi terbaru seputar passing grade PPPK Kemenag 2023 melalui website resmi Kemenag atau portal berita terpercaya.

Jangan sampai salah paham dengan passing grade PPPK Kemenag 2023, karena hal ini bisa menjadi penghalang untuk meraih impian menjadi guru honorer PPPK Kemenag. Jangan juga menyepelekan persiapan dalam menghadapi ujian, karena nilai ujian sangat menentukan apakah kamu berhasil atau gagal mencapai passing grade. Lakukan persiapan yang matang dan belajar dengan tekun agar kamu bisa sukses dalam menghadapi ujian PPPK Kemenag 2023.

Kesimpulan

Passing gradePPPK Kemenag 2023 adalah nilai ambang batas yang harus dicapai oleh calon guru honorer PPPK Kemenag pada saat mendaftar. Untuk mencapai passing grade tersebut, calon peserta harus memenuhi persyaratan minimal pada tiga mata pelajaran yaitu TWK, TIU, dan TKP. Persyaratan minimal untuk TWK adalah 70, TIU adalah 85, dan TKP adalah 80. Jika calon peserta tidak mencapai persyaratan minimal pada salah satu atau ketiga mata pelajaran tersebut, maka dianggap gagal dan tidak bisa melanjutkan ke tahap seleksi berikutnya.

Untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian PPPK Kemenag 2023, calon peserta bisa melakukan beberapa tips berikut:

1. Belajar dengan tekun dan konsisten

Untuk meraih nilai yang baik, kamu harus belajar dengan tekun dan konsisten. Jangan hanya mengandalkan keberuntungan atau belajar pada saat-saat terakhir. Luangkan waktu belajarmu secara rutin dan berusaha memahami materi dengan baik.

2. Mencari bahan referensi yang tepat

Gunakan bahan referensi yang tepat dan terpercaya untuk memperdalam pemahamanmu terhadap materi yang diujikan. Kamu bisa mencari referensi di buku-buku, website resmi Kemenag, atau portal berita terpercaya.

3. Mengikuti simulasi ujian

Mengikuti simulasi ujian bisa membantumu mengenali format dan jenis soal yang akan diujikan. Kamu bisa mencari simulasi ujian di website resmi Kemenag atau portal berita terpercaya.

4. Membuat jadwal belajar dan istirahat yang seimbang

Penting untuk membuat jadwal belajar dan istirahat yang seimbang. Jangan sampai kamu kelelahan atau terlalu banyak istirahat sehingga tidak bisa memaksimalkan waktu belajar. Atur jadwal dengan baik dan disiplinlah dalam melaksanakannya.

5. Berdoa dan berusaha

Tidak ada yang lebih baik selain berusaha dan berdoa. Berdoalah kepada Allah SWT agar diberikan kemudahan dan kesuksesan dalam menghadapi ujian PPPK Kemenag 2023. Jangan lupa berusaha sebaik mungkin dan tetap semangat meskipun terkadang menghadapi kesulitan atau kelelahan.

Semoga dengan melakukan tips di atas, kamu bisa meraih nilai yang baik dan sukses dalam menghadapi ujian PPPK Kemenag 2023. Teruslah berusaha dan jangan mudah menyerah. Ingatlah bahwa setiap kesulitan pasti ada jalan keluarnya. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

LAINNYA
x