Pengumuman Ujian Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan Kemenag

waktu baca 3 menit
Rabu, 5 Apr 2023 20:52 0 301 administrator

Assalamualaikum Sobat Fauzan Tadrisul Ulum, Ini Dia Pengumuman Ujian Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan Kemenag!

Pendidikan merupakan aspek yang sangat penting dalam pembangunan sebuah negara. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama (Kemenag) kembali membuka program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan. Bagi Anda yang tertarik mengikuti program ini, ada baiknya Anda menyimak pengumuman ujian seleksi akademik PPG dalam jabatan Kemenag ini.

PPG dalam jabatan Kemenag ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Program ini memberikan kesempatan bagi guru honorer, guru tetap swasta, dan pegawai Kementerian Agama yang ingin meningkatkan kompetensinya dalam bidang pendidikan. Oleh karena itu, seleksi akademik menjadi hal yang sangat penting dalam program ini.

Ujian seleksi akademik PPG dalam jabatan Kemenag ini akan dilaksanakan pada tanggal 15 Mei 2023. Ujian ini bersifat nasional dan akan dilaksanakan secara online. Ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi untuk bisa mengikuti ujian ini, antara lain: memiliki ijazah S1, S2, atau S3, memiliki SK pengangkatan sebagai guru atau pegawai Kementerian Agama, memiliki sertifikat pendidik, serta memiliki NIK dan NPWP.

Bagi Anda yang berminat mengikuti ujian seleksi akademik PPG dalam jabatan Kemenag ini, Anda bisa mendaftar melalui website resmi Kemenag. Setelah mendaftar, Anda akan mendapatkan username dan password untuk mengikuti ujian online tersebut.

Ujian seleksi akademik PPG dalam jabatan Kemenag terdiri dari beberapa materi, antara lain: Pendidikan Agama Islam, Pedagogik, dan Kepemimpinan Pendidikan. Materi ujian akan disesuaikan dengan jenjang pendidikan yang akan diambil, baik itu jenjang SD, SMP, SMA, atau SMK.

Bagi Anda yang ingin mengikuti ujian seleksi akademik PPG dalam jabatan Kemenag ini, sebaiknya Anda mempersiapkan diri dengan matang. Anda bisa belajar secara mandiri atau bergabung dengan kelompok belajar untuk memperdalam materi yang akan diujikan.

Saat mengikuti ujian, pastikan Anda memperhatikan waktu dan mengerjakan semua soal dengan baik. Karena, hasil dari ujian ini akan menentukan apakah Anda diterima atau tidak dalam program PPG dalam jabatan Kemenag.

Bagi Anda yang dinyatakan lulus dalam ujian seleksi akademik PPG dalam jabatan Kemenag, Anda akan melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu ujian kompetensi pedagogik. Ujian ini akan dilaksanakan pada tanggal 15 Juni 2023.

Setelah lulus ujian kompetensi pedagogik, Anda akan mengikuti program PPG dalam jabatan Kemenag selama satu tahun. Program ini akan memberikan pembekalan dan pelatihan dalam bidang pendidikan, termasuk di dalamnya pembelajaran tentang pendidikan karakter.

Bagi para peserta yang dinyatakan lulus dalam program PPG dalam jabatan Kemenag, akan diberikan sertifikat yang menunjukkan bahwa Anda telah mengikuti dan lulus dalam program tersebut. Sertifikat ini akan sangat membantu Anda dalam meningkatkan karir dan kualitas pengajaran Anda sebagai seorang guru.

Kesimpulan

Dengan dibukanya program PPG dalam jabatan Kemenag ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Bagi Anda yang berminat untuk mengikuti program ini, Anda harus mempersiapkan diri dengan baik untuk mengikuti ujian seleksi akademik PPG dalam jabatan Kemenag. Jangan lupa untuk memenuhi semua persyaratan yang telah ditentukan. Semoga artikel tentang pengumuman ujian seleksi akademik PPG dalam jabatan Kemenag ini bermanfaat bagi Sobat Fauzan Tadrisul Ulum dan dapat membantu Anda dalam mengikuti program PPG dalam jabatan Kemenag. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

LAINNYA
x