Petunjuk Teknis Pelaksanaan SKTT PPPK Kemenag 2023

waktu baca 4 menit
Jumat, 7 Apr 2023 20:00 0 553 administrator

Assalamualaikum Sobat Fauzan Tadrisul Ulum Pada tahun 2023, Kementerian Agama (Kemenag) akan melaksanakan Seleksi Kompetensi Teknis dan Tes Wawasan Kebangsaan (SKTT) untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di lingkup Kemenag. SKTT merupakan salah satu syarat penting bagi PPPK Kemenag agar dapat diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Nah, berikut ini adalah petunjuk teknis pelaksanaan SKTT PPPK Kemenag 2023 yang perlu kamu ketahui.

SKTT PPPK Kemenag 2023 akan dilaksanakan dalam tiga tahap. Tahap pertama adalah verifikasi administrasi dan persyaratan, tahap kedua adalah ujian kompetensi teknis, dan tahap ketiga adalah ujian wawasan kebangsaan. Setiap tahap memiliki bobot nilai yang sama pentingnya, sehingga kamu harus mempersiapkan diri dengan baik untuk mengikuti seluruh tahapan SKTT PPPK Kemenag 2023 ini.

Tahap pertama, yaitu verifikasi administrasi dan persyaratan, akan dilaksanakan pada 1-14 Mei 2023. Pada tahap ini, kamu harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh Kemenag, seperti memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan jabatan yang dibutuhkan, memiliki Surat Keterangan Sehat, dan lain sebagainya. Kamu juga harus melengkapi berkas-berkas yang diminta dan mengirimkannya ke Kemenag melalui Sistem Seleksi Nasional (SSN).

Tahap kedua, yaitu ujian kompetensi teknis, akan dilaksanakan pada 15-30 Mei 2023. Ujian kompetensi teknis ini bertujuan untuk mengukur kemampuan kamu dalam menjalankan tugas-tugas yang berkaitan dengan jabatan yang kamu lamar. Kamu akan diuji melalui tes tertulis dan/atau tes praktek, tergantung dari jenis jabatan yang kamu lamar.

Tahap ketiga, yaitu ujian wawasan kebangsaan, akan dilaksanakan pada 1-15 Juni 2023. Ujian wawasan kebangsaan ini bertujuan untuk mengukur pemahaman kamu tentang nilai-nilai Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Untuk dapat lulus SKTT PPPK Kemenag 2023, kamu harus mendapatkan nilai minimal 60 pada setiap tahapannya. Oleh karena itu, persiapkan diri kamu dengan baik, termasuk dengan belajar dan mengulang kembali materi-materi yang relevan dengan jabatan yang kamu lamar.

Setelah kamu lulus SKTT PPPK Kemenag 2023, kamu akan diangkat menjadi PPPK di lingkup Kemenag. Namun, perlu diingat bahwa status PPPK tidak sama dengan PNS, sehingga kamu tetap harus memenuhi persyaratan untuk menjadi PNS jika ingin diangkat menjadi PNS di masa yang akan datang. Selain itu, kamu juga harus bersedia mengikuti berbagai pelatihan dan pengembangan diri yang diberikan oleh Kemenag untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas kerja kamu sebagai PPPK.

Adapun beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam mengikuti SKTT PPPK Kemenag 2023 adalah sebagai berikut:

Pertama, pastikan kamu memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan oleh Kemenag dan mempersiapkan berkas-berkas yang diminta dengan baik. Kamu juga harus memastikan bahwa data yang kamu masukkan ke dalam SSN sudah benar dan valid.

Kedua, persiapkan diri kamu dengan baik dalam menghadapi ujian kompetensi teknis dan ujian wawasan kebangsaan. Kamu bisa mencari referensi atau bahan-bahan belajar yang relevan dengan jabatan yang kamu lamar untuk membantu kamu mempersiapkan diri.

Ketiga, perhatikan waktu dan jadwal pelaksanaan SKTT PPPK Kemenag 2023. Pastikan kamu hadir tepat waktu dan tidak terlambat mengikuti tahapan-tahapannya.

Keempat, jangan lupa untuk menjaga kesehatan dan kondisi fisik kamu selama mengikuti SKTT PPPK Kemenag 2023. Istirahat yang cukup dan pola hidup sehat sangat penting untuk membantu kamu menghadapi ujian dengan lebih baik.

Kelima, jangan lupa untuk selalu berdoa dan meminta dukungan dari keluarga serta teman-teman kamu. Dengan doa dan dukungan mereka, kamu akan lebih termotivasi dan percaya diri dalam menghadapi SKTT PPPK Kemenag 2023.

Kesimpulan

Itulah petunjuk teknis pelaksanaan SKTT PPPK Kemenag 2023 yang perlu kamu ketahui. SKTT merupakan salah satu syarat penting bagi PPPK Kemenag agar dapat diangkat menjadi PNS, sehingga kamu harus mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapinya. Pastikan kamu memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan, persiapkan diri dengan baik, perhatikan waktu dan jadwal pelaksanaan, jaga kesehatan dan kondisi fisik kamu, serta selalu berdoa dan meminta dukungan dari keluarga serta teman-teman kamu. Semoga kamu dapat lulus SKTT PPPK Kemenag 2023 dan dapat diangkat menjadi PPPK di lingkup Kemenag. Terima kasih sudah membaca artikel ini, sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya. Wassalamualaikum.

Kata Kuncihttps://www fauzantadrisululum com/petunjuk-teknis-pelaksanaan-sktt-pppk-kemenag-2023/ -
LAINNYA
x