Rahasia Terungkap: Cara Mudah Membuka Arsip WhatsApp yang Terhapus di Samsung

waktu baca 5 menit
Minggu, 30 Apr 2023 21:03 0 176 administrator

Assalamualaikum, Sobat Fauzan Tadrisul Ulum! WA atau WhatsApp adalah salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer di dunia. Banyak pengguna Samsung yang menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga mereka. Namun, terkadang kita perlu membuka kembali arsip pesan WhatsApp yang telah terhapus atau disimpan. Bagaimana cara membuka arsip WA di Samsung? Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti.

1. Gunakan Fitur Backup dan Restore WhatsApp

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk membuka arsip pesan WhatsApp di Samsung adalah dengan menggunakan fitur backup dan restore. Anda dapat melakukan backup data WhatsApp Anda dengan cara masuk ke pengaturan aplikasi dan pilih opsi Backup dan Restore. Setelah itu, pilih Backup untuk menyimpan data WhatsApp Anda di Google Drive atau penyimpanan internal Samsung Anda.

Jika Anda ingin mengembalikan pesan WhatsApp yang telah terhapus, Anda bisa menggunakan fitur restore. Caranya adalah dengan menginstal kembali WhatsApp di Samsung Anda dan masuk dengan nomor telepon yang sama seperti sebelumnya. Selanjutnya, WhatsApp akan menawarkan opsi untuk mengembalikan data dari backup sebelumnya.

2. Gunakan Aplikasi Pemulihan Data

Jika Anda telah kehilangan data WhatsApp Anda dan tidak memiliki cadangan backup, Anda masih bisa mencoba untuk menggunakan aplikasi pemulihan data. Ada beberapa aplikasi pemulihan data yang dapat Anda gunakan untuk mencari dan mengembalikan data WhatsApp Anda yang telah terhapus.

Sebelum menggunakan aplikasi pemulihan data, pastikan bahwa Anda telah menutup WhatsApp dan tidak menginstal aplikasi baru pada Samsung Anda. Hal ini dikarenakan instalasi aplikasi baru dapat menghapus data WhatsApp yang telah terhapus sebelumnya dan membuatnya sulit untuk dipulihkan kembali.

👉 TRENDING :   Mendapatkan Uang dari Internet: Tips dan Trik

3. Gunakan Fitur Restore dari Google Drive

Jika Anda telah menggunakan fitur backup WhatsApp untuk menyimpan data Anda di Google Drive, Anda dapat menggunakan fitur restore dari Google Drive untuk mengembalikan pesan WhatsApp Anda. Caranya adalah dengan menginstal kembali WhatsApp di Samsung Anda dan masuk dengan nomor telepon yang sama seperti sebelumnya. Setelah itu, WhatsApp akan menawarkan opsi untuk mengembalikan data dari backup yang telah disimpan di Google Drive.

4. Gunakan Fitur Unduhan WhatsApp

WhatsApp juga memiliki fitur unduhan yang memungkinkan Anda untuk mengunduh data WhatsApp Anda yang telah disimpan di Google Drive atau penyimpanan internal Samsung Anda. Anda dapat mengakses fitur unduhan ini dengan masuk ke pengaturan aplikasi dan memilih opsi Unduhan WhatsApp.

Jika Anda ingin mengembalikan pesan WhatsApp yang telah terhapus, Anda dapat mencari file chat_history.db.crypt12 di folder WhatsApp di penyimpanan internal Samsung Anda. Kemudian, unduh file ini ke komputer Anda dan gunakan aplikasi pemulihan data untuk mencari dan mengembalikan pesan WhatsApp yang telah terhapus.

5. Gunakan Fitur Pencarian WhatsApp

WhatsApp memiliki fitur pencarian yang memungkinkan Anda untuk mencari pesan WhatsApp berdasarkan kata kunci tertentu. Jika Anda ingin mencari pesan WhatsApp yang telah terhapus atau disimpan, Anda dapat menggunakan fitur pencarian ini untuk membantu Anda menemukannya.

Untuk menggunakan fitur pencarian WhatsApp, buka aplikasi WhatsApp dan masuk ke layar obrolan. Kemudian, ketuk ikon kaca pembesar di sudut kanan atas layar dan ketik kata kunci yang ingin Anda cari. WhatsApp akan menampilkan semua pesan yang sesuai dengan kata kunci yang Anda masukkan.

👉 TRENDING :   Gaji Program Magang Bina BNI

6. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika cara-cara di atas tidak berhasil untuk mengembalikan data WhatsApp Anda, Anda masih bisa mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membuka arsip WA di Samsung Anda. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan aplikasi pihak ketiga dapat berisiko dan dapat menyebabkan kerusakan pada Samsung Anda.

Sebelum menggunakan aplikasi pihak ketiga, pastikan bahwa Anda telah memeriksa ulasan dan reputasi aplikasi tersebut di Google Play Store atau situs web terpercaya lainnya. Selain itu, pastikan bahwa Anda telah melakukan backup data Samsung Anda sebelum mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga.

7. Gunakan Fitur Restore dari Samsung Cloud

Jika Anda telah menggunakan fitur backup Samsung Cloud untuk menyimpan data WhatsApp Anda, Anda dapat menggunakan fitur restore dari Samsung Cloud untuk mengembalikan pesan WhatsApp Anda. Caranya adalah dengan masuk ke pengaturan Samsung Cloud dan memilih opsi Restore. Selanjutnya, pilih data WhatsApp yang ingin Anda pulihkan dan ikuti petunjuk yang diberikan oleh Samsung Cloud.

8. Gunakan Fitur Unduhan Samsung Cloud

Samsung Cloud juga memiliki fitur unduhan yang memungkinkan Anda untuk mengunduh data Samsung Anda yang telah disimpan di cloud. Anda dapat mengakses fitur unduhan ini dengan masuk ke pengaturan Samsung Cloud dan memilih opsi Unduhan.

Jika Anda ingin mengembalikan pesan WhatsApp yang telah terhapus, Anda dapat mencari file chat_history.db.crypt12 di folder WhatsApp di penyimpanan internal Samsung Anda. Kemudian, unduh file ini ke komputer Anda dan gunakan aplikasi pemulihan data untuk mencari dan mengembalikan pesan WhatsApp yang telah terhapus.

9. Gunakan Fitur Pemulihan Samsung Smart Switch

Jika Anda telah menggunakan aplikasi Samsung Smart Switch untuk memindahkan data dari Samsung Anda yang lama ke Samsung Anda yang baru, Anda dapat menggunakan fitur pemulihan dari Samsung Smart Switch untuk mengembalikan pesan WhatsApp Anda. Caranya adalah dengan menghubungkan Samsung Anda ke komputer dan membuka aplikasi Samsung Smart Switch.

👉 TRENDING :   Gaji Intel Polisi Terbaru Beserta Tunjangannya 2023

Selanjutnya, pilih opsi Pemulihan pada aplikasi Samsung Smart Switch dan ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi untuk mengembalikan pesan WhatsApp Anda.

10. Gunakan Fitur Samsung Knox

Samsung Knox adalah sebuah fitur keamanan yang terintegrasi dengan Samsung Anda dan memungkinkan Anda untuk mengamankan dan mengelola data Samsung Anda. Jika Anda telah mengaktifkan fitur Samsung Knox pada Samsung Anda, Anda dapat menggunakan fitur Knox untuk membantu mengembalikan pesan WhatsApp Anda.

Caranya adalah dengan masuk ke aplikasi Knox dan membuka folder Secure Folder. Selanjutnya, cari file backup WhatsApp di folder Secure Folder dan gunakan aplikasi pemulihan data untuk mengembalikan pesan WhatsApp yang telah terhapus.

Kesimpulan

Memulihkan pesan WhatsApp yang terhapus atau disimpan dapat menjadi tugas yang menantang, tetapi dengan menggunakan beberapa cara yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat mengembalikan data WhatsApp Anda dengan mudah. Pastikan Anda telah melakukan backup data WhatsApp secara teratur dan memilih metode pemulihan yang tepat untuk mengembalikan pesan WhatsApp Anda dengan aman.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Sobat Fauzan Tadrisul Ulum yang sedang mencari cara untuk membuka arsip WA di Samsung. Jangan lupa untuk tetap berhati-hati dan melakukan backup data secara teratur untuk menghindari kehilangan data WhatsApp Anda di masa depan. Assalamualaikum.

Jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

LAINNYA