Download Twibbon ANBK 2022 Terbaru

Sosialisasi ANBK dan AKMI KKM MI Kec Sungai Ambawang

Sosialisasi ANBK dan AKMI KKM MI Kec Sungai Ambawang Dalam sosialisasi ini selain dijelaskan tentang kebijakan ANBK dan AKMI Tahun 2022, peserta dipandu untuk melakukan pendaftaran peserta didik melalui mekanisme tarik data dari pangkalan data EMIS ke laman pendataan ANBK dan AKMI oleh helpdesk (petugas yang diberi wewenang memberi layanan bantuan pada aspek teknis pengelolaan ANBK AKMI pada tingkat Kabupaten/kota) oleh  Muhammad Amin Selaku Pendis Kab Kubu Raya.

Dan selanjutnya pengelola data di setiap madrasah menginput data peserta didik pada pangkalan data EMIS dan melakukan proses verifikasi dan validasi peserta didik pada sistem verval Pangkalan Data BIOAN dan AKMI (PD-AKMI).

Sosialisasi ANBK dan AKMI KKM MI Kec Sungai Ambawang

Muhammad Amin, M.Pd menyampaikan, adapun fungsi ANBK dan AKMI adalah mendiagnosis kompetensi peserta didik dan tindak lanjut perbaikan pembelajaran. Bahan pemetaan mutu pendidikan madrasah. Bahan dalam menyusun program maupun intervensi kebijakan pemerintah dalam peningkatan mutu pendidikan di madrasah.

ANBK merupakan program pemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah, madrasah, dan program kesetaraan jenjang sekolah dasar dan menengah. Program ini bertujuan memetakan mutu pendidikan, memberi umpan balik kepada penyelenggara pendidikan dan merancang tindak lanjut untuk perbaikan mutu sistem pendidikan. ANBK ini disebut juga dengan AKM dimana sasarannya adalah kelas 5 bukan kelas 6.

“AKMI ini bertujuan untuk mengukur kompetensi peserta didik madrasah pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya,” ujarnya.

Toha Purwanto, Selaku TIM Teknis ANBK Kabupaten Kubu Raya menambahkan dalam Sosialisasi Kebijakan dan Teknis ANBK yang dihadiri Kepala dan Proktor MI bertempat di Cafe Panglima Aim Atau Seruni Pontianak. Sosialisasi dilaksanakan selama 1 hari Sabtu  yang dikuti 54 Madrasah Ibtidaiyah yang ditetapkan oleh Dirjen Pendidikan Islam.

👉 TRENDING :   Cara Tarik Biodata Siswa BIOAN Tahun 2022

Disampaikan pula bahwa, Satuan Pendidikan Pelaksana AKMI adalah Madrasah (MI, MTs, MA/MAK) baik negeri dan swasta yang telah memiliki ijin operasional dan yang terdaftar dalam pangkalan data EMIS serta memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) yang valid.

Madrasah yang melaksanakan AKMI Tahun 2022 hanya jenjang MI baik negeri dan swasta, yang meliputi 50% dari jumlah MI di seluruh Indonesia. Sedangkan 50% MI lainnya akan mengikuti AKMI pada tahun 2022 bersamaan dengan pelaksanaan AKMI jenjang MTs dan MA datanya berdasarkan rekomendasi World Bank. Ujar Toha

Toha Purwanto Juga Menhadiri Tim Teknis ANBK Kanwil Kalimantan Barat Bapak Haryadi, M,Pd Memberikan Pemahaman Terkait Pemanfaatan Laman ANBK Pada Tahun 2022 ini