Cara Klaim NISN dengan Mudah dan Cepat

waktu baca 3 menit
Minggu, 28 Mei 2023 21:50 0 297 administrator

Hello Sobat Fauzantadrisululum!

Apa kabar? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara klaim Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dengan mudah dan cepat. NISN merupakan identitas penting bagi setiap siswa di Indonesia, dan klaim NISN ini penting agar data siswa tercatat dengan benar dalam sistem pendidikan nasional. Jadi, mari kita simak langkah-langkahnya!

Langkah 1: Persiapkan Dokumen Penting

Sebelum memulai proses klaim NISN, pastikan Sobat Fauzantadrisululum telah menyiapkan dokumen-dokumen penting seperti Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, dan Kartu Identitas (KTP) orang tua atau wali. Dokumen-dokumen ini akan digunakan untuk verifikasi data identitas Sobat Fauzantadrisululum.

Langkah 2: Kunjungi Situs Resmi Dapodik

Buka browser dan kunjungi situs resmi Dapodik (Data Pokok Pendidikan) di alamat dapodik.org. Situs ini merupakan platform yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengelola data pendidikan di Indonesia.

Langkah 3: Masuk atau Daftar Akun

Jika Sobat Fauzantadrisululum sudah memiliki akun Dapodik, masuklah menggunakan username dan password yang telah didaftarkan sebelumnya. Jika belum memiliki akun, pilih opsi “Daftar Akun” dan ikuti langkah-langkah pendaftaran dengan lengkap dan benar.

Cara Klaim NISN dengan Mudah dan Cepat

Cara Klaim NISN dengan Mudah dan Cepat

Langkah 4: Isi Data Pribadi

Setelah berhasil masuk, Sobat Fauzantadrisululum akan diarahkan ke halaman pengisian data pribadi. Isilah semua informasi yang diminta, termasuk nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, dan informasi lain yang relevan. Pastikan data yang diisi sesuai dengan dokumen-dokumen yang telah disiapkan sebelumnya.

Langkah 5: Klaim NISN

Setelah mengisi data pribadi dengan benar, lanjutkan dengan mencari menu atau opsi yang terkait dengan klaim NISN. Biasanya, menu tersebut dapat ditemukan di bagian “Profil” atau “Identitas Siswa”. Klik opsi tersebut dan ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk mengklaim NISN.

Langkah 6: Verifikasi Data

Setelah klaim NISN selesai, sistem akan meminta Sobat Fauzantadrisululum untuk melakukan verifikasi data. Pastikan semua informasi yang ditampilkan telah benar dan sesuai dengan dokumen-dokumen yang telah diunggah sebelumnya. Jika terdapat kesalahan, perbaiki data tersebut sebelum melanjutkan.

Langkah 7: Unggah Dokumen Pendukung
Setelah verifikasi data, sistem akan meminta Sobat Fauzantadrisululum untuk mengunggah dokumen-dokumen pendukung. Ini bertujuan untuk memastikan keaslian dan keabsahan informasi yang telah diisi sebelumnya. Unggah dokumen seperti Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, dan Kartu Identitas (KTP) orang tua atau wali sesuai dengan petunjuk yang diberikan.

Langkah 8: Tunggu Proses Verifikasi

Setelah mengunggah dokumen-dokumen pendukung, Sobat Fauzantadrisululum perlu menunggu proses verifikasi dari pihak Dapodik. Biasanya, proses ini membutuhkan waktu beberapa hari kerja. Selama menunggu, pastikan Sobat Fauzantadrisululum tetap memantau status klaim NISN melalui akun Dapodik.

Langkah 9: Konfirmasi Klaim NISN

Setelah proses verifikasi selesai, Sobat Fauzantadrisululum akan menerima konfirmasi klaim NISN melalui email atau pesan di akun Dapodik. Jika klaim NISN berhasil, akan diberikan nomor NISN yang dapat digunakan sebagai identitas siswa. Pastikan untuk menyimpan nomor NISN dengan baik, karena akan digunakan dalam berbagai proses administrasi pendidikan.

Langkah 10: Perbarui Data Secara Berkala

Setelah mendapatkan nomor NISN, penting bagi Sobat Fauzantadrisululum untuk memperbarui data secara berkala. Pastikan data pribadi, alamat, dan informasi lainnya selalu terupdate di akun Dapodik. Hal ini akan memastikan data Sobat Fauzantadrisululum tetap akurat dan sesuai dengan perkembangan terbaru.

Kesimpulan

Demikianlah cara klaim NISN dengan mudah dan cepat. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Sobat Fauzantadrisululum dapat memiliki NISN yang sah dan terdaftar dengan benar dalam sistem pendidikan nasional. Penting untuk mengingat bahwa NISN merupakan identitas penting yang akan digunakan dalam berbagai proses pendidikan. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat!

Hingga jumpa kembali di artikel menarik lainnya. Sampai jumpa, Sobat Fauzantadrisululum!

LAINNYA
x