Contoh Soal Passing Grade PPPK Kemenag 2023 Beserta Pembahasannya

waktu baca 4 menit
Minggu, 23 Apr 2023 09:56 0 140 administrator

Assalamualaikum Sobat Fauzan Tadrisul Ulum, pada tahun 2023 ini Kementerian Agama (Kemenag) akan kembali membuka pendaftaran untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Bagi yang tertarik untuk mendaftar, pastikan kamu sudah mempersiapkan diri dengan baik, salah satunya adalah memahami contoh soal passing grade PPPK Kemenag 2023. Berikut ini adalah beberapa contoh soal beserta pembahasannya yang bisa membantumu mempersiapkan diri.

1. Soal Matematika

Seorang calon PPPK Kemenag harus mengikuti tes seleksi dengan jumlah soal sebanyak 40 butir. Soal matematika yang keluar sebanyak 10 butir. Berapa persen jumlah soal matematika dari keseluruhan soal?

Jawaban: Jumlah soal matematika = 10 butir, Jumlah soal keseluruhan = 40 butir. Maka, persentase soal matematika adalah (10/40) x 100% = 25%

2. Soal Bahasa Inggris

Soal bahasa Inggris juga seringkali menjadi bahan ujian seleksi PPPK Kemenag. Berikut ini adalah contoh soal bahasa Inggris yang mungkin keluar pada tes seleksi PPPK Kemenag 2023:

Question: Choose the correct answer!

The teacher asked me, “______ you understand the material?”
a. Did
b. Do
c. Are
d. Have

Jawaban: a. Did

3. Soal Wawasan Kebangsaan

Soal wawasan kebangsaan juga kerap muncul pada tes seleksi PPPK Kemenag. Berikut ini adalah contoh soal wawasan kebangsaan yang mungkin keluar pada tes seleksi PPPK Kemenag 2023:

Siapakah tokoh perjuangan kemerdekaan Indonesia yang bernama asli Raden Mas Soewardi Soerjaningrat?

Jawaban: Ki Hajar Dewantara

4. Soal Tes Kesehatan

Selain tes tertulis, tes kesehatan juga menjadi bagian dari seleksi PPPK Kemenag. Berikut ini adalah contoh soal tes kesehatan yang mungkin keluar pada tes seleksi PPPK Kemenag 2023:

👉 TRENDING :   Contoh Soal OSN Matematika SD

Apa yang terjadi jika kadar kolesterol dalam darah terlalu tinggi?

Jawaban: Risiko penyakit jantung meningkat

5. Soal Tes Psikotes

Tes psikotes juga menjadi salah satu bagian seleksi PPPK Kemenag. Berikut ini adalah contoh soal tes psikotes yang mungkin keluar pada tes seleksi PPPK Kemenag 2023:

Apakah kamu lebih suka berada di dalam ruangan atau di luar ruangan

Jawaban: Jawaban tergantung pada preferensi masing-masing calon. Namun, yang penting adalah kamu harus jujur dalam menjawab pertanyaan pada tes psikotes.

6. Soal Tes Kompetensi

Untuk mengukur kemampuan teknis, tes kompetensi juga menjadi salah satu bagian seleksi PPPK Kemenag. Berikut ini adalah contoh soal tes kompetensi yang mungkin keluar pada tes seleksi PPPK Kemenag 2023:

Berapakah nilai Rata-Rata Hitung (Mean) dari data berikut: 10, 20, 30, 40, 50, 60?

Jawaban: Rata-Rata Hitung (Mean) = (10+20+30+40+50+60) / 6 = 30

7. Soal Tes Wawancara

Tes wawancara juga menjadi bagian seleksi PPPK Kemenag. Berikut ini adalah contoh pertanyaan yang mungkin keluar pada tes wawancara PPPK Kemenag 2023:

Apa yang membuatmu tertarik untuk bekerja di Kemenag?

Jawaban: Jawaban tergantung pada masing-masing calon. Namun, yang penting adalah kamu harus jujur dan berbicara dengan sopan dan santun pada saat menjawab pertanyaan pada tes wawancara.

8. Soal Tes Kemampuan Berpikir Kritis

Tes kemampuan berpikir kritis juga menjadi bagian seleksi PPPK Kemenag. Berikut ini adalah contoh soal tes kemampuan berpikir kritis yang mungkin keluar pada tes seleksi PPPK Kemenag 2023:

Seorang guru memberikan tugas untuk membuat poster bertema kebersihan lingkungan. Namun, hanya satu orang siswa yang tidak mengerjakan tugas tersebut. Bagaimana kamu menyelesaikan masalah ini?

👉 TRENDING :   Twibbon PKK Online Guru 2023 Terbaru

Jawaban: Jawaban tergantung pada masing-masing calon. Namun, yang penting adalah kamu harus memberikan solusi yang rasional dan dapat diterapkan pada situasi tersebut.

9. Soal Tes Keterampilan

Tes keterampilan juga menjadi bagian seleksi PPPK Kemenag. Berikut ini adalah contoh soal tes keterampilan yang mungkin keluar pada tes seleksi PPPK Kemenag 2023:

Buatlah sebuah desain poster bertema “Pendidikan Agama yang Berkualitas”.

Jawaban: Jawaban tergantung pada keterampilan masing-masing calon. Namun, yang penting adalah kamu harus menciptakan desain yang menarik dan dapat mempresentasikan tema yang diminta pada soal tes keterampilan.

10. Soal Tes Bahasa Indonesia

Tes bahasa Indonesia juga menjadi bagian seleksi PPPK Kemenag. Berikut ini adalah contoh soal tes bahasa Indonesia yang mungkin keluar pada tes seleksi PPPK Kemenag 2023:

Identifikasi kata-kata yang kurang tepat pada kalimat berikut : “Siswa yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler akan mendapat nilai buruk.”

Jawaban: Kata “buruk” kurang tepat digunakan dalam kalimat tersebut. Sebaiknya diganti dengan kata “rendah”.

Kesimpulan

Seleksi PPPK Kemenag 2023 mempunyai beberapa tahapan yang harus dijalani oleh calon pelamar. Tahapan seleksi tersebut meliputi tes potensi akademik, tes psikotes, tes kompetensi, tes wawancara, tes kemampuan berpikir kritis, tes keterampilan, dan tes bahasa Indonesia. Pada setiap tahapan seleksi, calon pelamar akan diuji kemampuan dan kualitasnya untuk dapat lolos seleksi. Untuk dapat lolos seleksi PPPK Kemenag 2023, calon pelamar harus mempersiapkan diri dengan baik dan menguasai materi-materi yang diperlukan pada setiap tahapan seleksi. Semoga artikel ini dapat membantu calon pelamar PPPK Kemenag 2023 dalam mempersiapkan diri dan mendapatkan hasil yang terbaik pada seleksi nantinya.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya, Sobat Fauzan Tadrisul Ulum!

👉 TRENDING :   Terbongkar! Inilah Kunci Jawaban Super Rahasia US Bahasa Indonesia Kelas 9 2023 yang Akan Membuatmu Jadi Juara!
LAINNYA